Empat Hal yang Bisa Dilakukan di 10 Hari Terakhir Ramadhan

Rep: Uji Sukma Medianti/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 06 May 2021 09:29 WIB

Empat Hal yang Bisa Dilakukan di 10 Hari Terakhir Ramadhan. IKTIKAF PERTAMA: Jamaah Masjid Al Furqon Kecamatan Bandung Kidul, Bandung menjalankan ibadah saat beriktikaf pada malam ke-21 Bulan Ramadhan, Senin (3/5) dini hari. Memasuki sepuluh hari terakhir umat muslim menambah kualitas ibadah Ramadhan. Mereka beriktikaf dengan berdiam diri bermuhasabah di masjid di malam hari hingga menjelang sahur. Foto:

1

Cari laylat al-qadr

“Carilah laylat al-qadr (Malam Kekuatan) di sepuluh malam terakhir Ramadhan, pada malam ketika sembilan atau tujuh atau lima malam tersisa dari sepuluh malam terakhir Ramadhan.” (Al-Bukhari)

Ini adalah malam paling berharga dari hari-hari berharga di bulan yang berharga. Apa pun yang kamu lakukan, buatlah rencana untuk menghabiskan malam-malam ganjil dari sepuluh terakhir (yaitu malam sebelum hari ganjil, karena hari-hari Islam dimulai dari Maghrib) dalam ibadah yang mendalam, baik di masjid, bersama teman atau di rumah.

Sisihkan semua rencana lain sehingga kamu bisa mendapatkan pahala malam ini, yang setara dengan seribu bulan. Bayangkan ibadah satu malam setara dengan beribadah secara konsisten selama 83 tahun 4 bulan! Bagaimana Anda bisa melewatkannya?

Ini adalah malam yang luar biasa untuk meminta kepada Allah agar membuat kamu tetap di jalan yang Dia telah tunjuk untukmu. Untuk meminta kepada-Nya untuk memperkuat iman dan kebijaksanaanmu, dan untuk meminta-Nya untuk membantu kamu menemukan jalan yang dengannya dapat melayani Dia dengan sebaik-baiknya.

Dan tambahkan juga doa ini. Aishah RA berkata:

“Wahai Rasulullah! Bagaimana jika saya tahu malam apa Laylat-Al-Qadr itu, apa yang harus saya katakan di dalamnya?”

Dia berkata: “Katakan: Allahumma innaka‘ affuwwun tuhibbul afwa fa' fu' anni (Ya Allah! Kaulah yang sangat mengampuni, dan suka mengampuni, jadi maafkan aku).”

photo
Infografis Ciri-Ciri Malam Lailatul Qadar - (Republika.co.id)

Terpopuler