Empat Hal yang Bisa Dilakukan di 10 Hari Terakhir Ramadhan

Rep: Uji Sukma Medianti/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 06 May 2021 09:29 WIB

Empat Hal yang Bisa Dilakukan di 10 Hari Terakhir Ramadhan. IKTIKAF PERTAMA: Jamaah Masjid Al Furqon Kecamatan Bandung Kidul, Bandung menjalankan ibadah saat beriktikaf pada malam ke-21 Bulan Ramadhan, Senin (3/5) dini hari. Memasuki sepuluh hari terakhir umat muslim menambah kualitas ibadah Ramadhan. Mereka beriktikaf dengan berdiam diri bermuhasabah di masjid di malam hari hingga menjelang sahur. Foto:

1

Berbuat baik

Berusahalah bermurah hati dalam perbuatan. Carilah setiap kesempatan untuk melakukan hal yang baik bagi keluarga, tetangga, dan teman.

Ini juga saat yang tepat untuk memberi ekstra dalam amal karena niscaya pahala akan meningkat. Banyak orang memilih saat ini untuk memberikan zakat mal (amal wajib atas kekayaan) untuk membersihkan kekayaan mereka dan untuk mendapatkan keuntungan ekstra.

Jika Anda tidak secara pribadi mengenal seseorang dari delapan kategori mustahik, carilah badan amal yang mendukung orang-orang di daerah Anda. Jika tidak ada orang lokal yang membutuhkan, carilah di negara lain bila perlu.

Terlebih, saat ini banyak fasilitas amal atau sedekah yang memiliki layanan Ramadhan khusus untuk memanfaatkan waktu dermawan ini. Jadi pilihlah yang paling dapat dipercaya, sejauh yang kamu bisa.

Sepuluh hari terakhir Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk membersihkan lemari. “Saya menjadikan kebiasaan tahunan untuk memeriksa milik saya dan memberikan semua barang saya yang tidak diinginkan dan tidak terpakai atau mengirimnya untuk didaur ulang,” ujar pemegang gelar Studi Islam dan Psikologi dari International Islamic University of Malaysia Amal Stapley.

Jika Anda memiliki barang-barang di lemari yang tidak akan Anda gunakan dan orang lain mungkin mendapat manfaat darinya, berikan atau cari amal atau toko amal setempat untuk memberikannya. Jika Anda memiliki pakaian yang tidak Anda kenakan selama setahun, terutama pakaian pra-Islam lama, apakah Anda benar-benar perlu menyimpannya? Dan jangan hanya memberikan yang lusuh, berikan barang bagus juga.

"Tidak akan pernah Anda mencapai kebaikan (pahala) sampai Anda menghabiskan (di jalan Allah) dari apa yang Anda cintai.” (Ali Imran 3:92).

photo
Infografis Bolehkah Zakat Fitrah dengan Uang? - (Republika.co.id)

 

Terpopuler