Makam Mbak Priok Saat Ramadhan

Red: Agung Sasongko

Rabu 21 Apr 2021 20:06 WIB

Makam Mbah Priok Foto:

1

Dibatasi

Pengurus Makam Mbah Priok memberlakukan pembatasan kegiatan selama bulan Ramadhan untuk mencegah berkumpulnya banyak orang di dalam makam.

Menurut Ketua Bidang Hubungan Masyarakat Yayasan Maqom Keramat Syech Sayyid Mbah Priok,  Nanang Nurwahyudi, pembatasan kegiatan yang dilakukan antara lain dengan mengurangi acara yang berpotensi menimbulkan kerumunan, seperti kegiatan tabligh akbar atau sekedar ceramah dari tokoh agama juga sementara ditiadakan untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona(COVID-19).

"Kami kira harus patuh dengan imbauan pemimpin untuk tidak dulu menggelar kegiatan yang menimbulkan kerumunan selama pandemi COVID-19," kata Nanang.

Sementara itu, di bulan Ramadhan 1442 Hijriah tahun ini, Makam Mbah Priok tampak sepi dari peziarah.Tampak hanya ada lima peziarah yang tengah berdoa di depan pusara Makam Mbah Priok. Sepinya peziarah di bulan suci Ramadhan menjadi hal yang lumrah terjadi.

"Untuk bulan Ramadhan ini sepi, sepi dalam artian bukannya nggak ada, tapi bisa dihitung, beda seperti bulan Sya'ban, Maulid Nabi sama bulan Syawal, bulan-bulan itu pasti ramai dikunjungi peziarah," kata Mustafa.

Meski begitu, pihak yayasan tetap menggelar buka puasa bersama dan shalat tarawih berjamaah dengan secara terbatas, dengan pembatas jarak menggunakan penanda warna kuning dalam satu saf antara satu jamaah dengan lainnya.