Hidangan Berbuka Puasa: Dari Kolak Pisang Hingga Qatayef

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko

Rabu 14 Apr 2021 03:54 WIB

Kolak Pisang Foto:

1

3. India dan Pakistan: shami kebab

Pada malam Ramadhan di India dan Pakistan, udara dipenuhi dengan aroma yang memikat dari kebab shami, berbumbu kapulaga yang lezat di jalan. Asal muasal roti daging kambing diyakini terletak di kota Lucknow, India.

Daging domba atau sapi, dimasak dengan chana dal atau Bengal gram, digiling dan dibumbui dengan bawang putih, jahe, kayu manis, merica, cengkeh, jintan, mint, ketumbar dan cabai hijau. Dicelupkan ke dalam telur, patty digoreng hingga bagian luarnya renyah. 

Baca juga : Resep Takjil, Pisang Gapit Kuah Nangka

4. UEA: Harees

Keluarga di UEA kerap menyajikan harees, hidangan bubur gandum dengan daging domba atau ayam. Gandum direndam semalaman sebelum dibumbui dan dimasak perlahan dengan daging bertulang selama empat jam atau lebih. Kemudian dagingnya disisihkan, diiris dan diaduk kembali dengan gandum.

 

photo
Seorang pedagang menyiapkan jajanan kebab di tokonya sekitar Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Kamis (3/8). - (Republika/Ani Nursalikah)

5. Arab Saudi: thareed

Hidangan berbuka puasa Arab Saudi hampir pasti akan memasukkan thareed, sup daging domba dan kaya akan sayuran. Ini mengenyangkan. Disebutkan oleh beberapa orang ini sebagai salah satu hidangan favorit Nabi Muhammad. Thareed memiliki makna budaya yang besar di wilayah tersebut. Untuk menyiapkan hidangan, domba dimasak selama lebih dari satu jam, kemudian ditambahkan kentang, wortel, zukini dan direbus dalam pasta tomat, bawang, dan bawang putih, bersama dengan kaldu. Dibumbui dengan kunyit, jeruk nipis kering, kapulaga, ketumbar, kayu manis, cabai merah, dan lada.

 

 

Terpopuler