Sambut Ramadhan dengan Gembira

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 08 Apr 2021 06:23 WIB

Sambut Ramadhan dengan Gembira. Ilustrasi Ramadhan dan Kedamaian Foto:

1

"Tapi ketika berkaitan dengan berkumpul di masjid, karena pandemi Covid-19 belum dinyatakan bebas (selesai) walau sudah menurun (kasusnya) dan sudah ada yang divaksin tapi belum menyeluruh maka tetap menerapkan protokol kesehatan," ujar Kiai Ghani.

Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini menerangkan, karena masyarakat belum semuanya divaksin Covid-19, maka saat melaksanakan ibadah di masjid tetap menjaga jarak, mencuci tangan, dan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan dan penyebaran Covid-19. Rasulullah SAW mengatakan jangan membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof Dadang Kahmad menyampaikan, Ramadhan bulan yang penuh berkah. Nabi Muhammad SAW menyampaikan pintu surga dibuka dan ada malam yang lebih baik dari seribu bulan saat Ramadhan. 

"Oleh karena itu, kepada umat berpesan pergunakan kesempatan (Ramadhan) ini untuk muhasabah atas segala kesalahan kita, dan mohon ampun kepada Allah, sehingga diharapkan doa kita itu diijabah," ujarnya.

Ia juga berpesan agar umat Islam rajin berdoa di bulan Ramadhan agar wabah Covid-19 segera hilang. Prof Dadang juga mengingatkan umat Islam agar tetap menerapkan protokol kesehatan saat melakukan ibadah. Umat harus menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, dan tidak mendatangi kerumunan. 

Umat Islam harus mempersiapkan diri untuk menyambut Ramadhan. Sehubungan dengan itu, di bulan Syaban ini sebaiknya memperbanyak ibadah kepada Allah untuk persiapan memasuki Ramadhan.