Agar Tetap Bugar, Konsumsi Gizi Lengkap Saat Puasa

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah

Kamis 09 Jun 2016 12:42 WIB

Pilih makanan yang tepat dan bergizi seimbang, ketimbang menguranginya demi keberhasilan menurunkan berat badan. Foto: pixabay Sarapan harus bergizi seimbang tak sebatas demi kenyang.

Senada Dokter Spesialis Gizi Klinis, Tirta Prawita Sari,  mengatakan saat puasa kita juga harus menjaga pola makan yang baik. Pola makan gizi seimbang dengan pilih karbohidrat yang baik, yang bisa menjaga supaya kadar gula darah tidak ngedrop. “Pilih karbohidrat yang kualitasnya baik. Misalnya nasi, boleh pilih sesuai kebutuhan kecukupan gizi,” ujarnya ketika ditemui Republika.co.id usai acara FUNancial Clinic dan Cooking Classes di Modena Experience Center, di Jakarta, belum lama ini.

Saat makan sahur, agar segar sepanjang hari yang paling penting adalah harus cukup energi, yaitu karbohidrat dan lemak gula darah. Karbohidrat adalah pembuat energi. Kalau energi kurang akan membuat lemas dan cepat mengantuk. “Yang dibutuhkan karbohidrat yang bekualitas baik dinilai dari kadar indeks glikemiknya (IG). Pilih yang IGnya rendah, yang mudah diserap serta proses memasaknya bukan deep fried,” ujarnya.

Pilihannya bisa nasi putih dibandingkan bubur. Karena walaupun bahan sama tapi proses memasaknya berbeda. Kalau nasi ditanak, bubur tidak. Bubur membuat kita lebih cepat lapar. Dia mengatakan bisa juga memilih nasi merah yang lebih banyak serat.