Berbagai Pertanyaan Seputar Apa Itu Ramadhan?

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Andi Nur Aminah

Rabu 08 Jun 2016 12:12 WIB

Ribuan umat muslim mengikuti shalat tarawih di malam pertama bulan suci Ramadhan 1437 H, di Masjid Istiqlal Jakarta, Ahad (5/6) malam. (Republika/Darmawan) Foto: Saling memaafkan saat lebaran (ilustrasi).

Puasa tidak hanya menahan lapar dan haus

Ramadhan tidak hanya tentang menahan rasa lapar dan haus. Bulan ini adalah waktu yang tepat bagi umat Muslim untuk fokus pada hubungan mereka dengan Allah.

Ramadhan menjadi kesempatan untuk beribadah secara intensif dan melakukan refleksi diri. Bulan suci ini memperingatkan agar menghindari kebiasaan buruk seperti marah dan merokok.

Ada perayaan di akhir Ramadhan

Akhir Ramadhan yang semakin dekat ditandai dengan adanya malam Lailatul Qadar, yaitu malam kunjungan Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW untuk memberikan ayat pertama Alquran. Lailatul Qadar dianggap waktu yang tepat untuk berdoa bagi keselamatan dan rahmat Allah SWT.

Ramadhan lalu diakhiri dengan libur tiga hari yang dikenal sebagai libur perayaan Idul Fitri. Idul Fitri merupakan perayaan kemenangan yang dilakukan dengan kumpul keluarga, memberi hadiah bagi anak-anak dan menyediakan banyak makanan.

Terpopuler