10 Buah Berair yang Baik Dikonsumsi Saat Ramadhan

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Indira Rezkisari

Senin 06 Jun 2016 13:32 WIB

Buah jeruk Foto: Buah tin

Tin

Buah tin dikenal bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, meningkat fungsi pencernaan, dan membantu menurunkan berat badan. Bahkan daunnya dibutuhkan untuk menurunkan kadar insulin oleh penderita diabetes.

Sebagai salah satu makanan sehat di dunia, buah tin bahkan mengandung serat untuk menambah energi Anda yang berpuasa.

Cara memakan: sajikan buah tin dengan es krim atau smoothie. Bisa juga sajikan dengan kurma saat berbuka puasa.

Anggur

Anggur dikenal mengandung resveratrol, zat yang berfungsi sebagai antioksidan dan baik untuk organ hati. Anggur penuh air disetiap gigitan. Pilihlah anggur yang berwarna ungu, merah, hitam, atau hijau.

Cara memakan: makan anggur dalam bentuk utuh atau diiris dan dimasukan ke dalam salad buah.

Jeruk bali (tingkat hidrasi 90 persen)

Jeruk jenis ini mengandung 30 kalori dan limonoid detoksifikasi, yang menurut penelitian, dapat menghambat tumor dan kanker.

Cara makan: jeruk bisa dijadikan karamel untuk dimakan bersama wafel. Atau jeruk bisa dipotong dan disajikan dengan gula.

Air kelapa (tingkat hidrasi 95 persen)

Air kelapa (yang tidak dicampur dengan susu) adalah cairan yang bisa didapatkan dari kelapa muda yang masih berwarna hijau. Air kelapa mengandung natrium dan karbohidrat yang rendah, namun rasanya menyegarkan.

Cara memakan: beli buah kelapa muda segar di pedagang sayur lokal. Hindari minuman air kelapa kemasan karena telah dicampur pengawet dan air.

Terpopuler