9 Langkah Siapkan Diri Jelang Ramadhan

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari

Senin 23 May 2016 07:18 WIB

Jelang Ramadhan usahakan untuk mulai mengontrol pola makan, agar ibadah bisa lancar. Foto: Menjelang Ramadhan Anda bisa mulai menyusun menu untuk sahur dan berbuka nanti.

Tidur Teratur

Jika Anda terbiasa tidur terlambat dan bangun siang, sudah waktunya Anda mulai tidur dengan teratur. Pasalnya, selama Ramadhan Anda harus bangun lebih awal untuk sahur. Oleh karena itu, Anda perlu membiasakan diri tidur lebih awal. Jika Anda tidak terbiasa tidur lebih cepat, Anda bisa mulai tidur siang dan tidur sedikit lebih telat di malam hari tetapi tidak terlalu larut malam. Kebiasaan untuk tidur cepat ini perlu mulai dilakukan menjelang Ramadhan.

Siapkan Menu

Menyusun menu makanan untuk Ramadhan akan banyak menghemat waktu dan tenaga ketika Ramadhan tiba. Dengan menyusun rencana menu makanan sahur dan berbuka, Anda akan lebih mudah membeli bahan-bahan makanan yang diperlukan dalam satu bulan ke depan. Belanja makanan yang diperlukan sebelum Ramadhan akan lebih menghemat tenaga karena energi Anda masih 'penuh'.

Konsultasi Dokter

Jika Anda memiliki masalah kesehatan seperti diabetes, tekanan darah tinggi hingga refluks, konsultasi pada dokter perlu dilakukan sebelum Ramadhan tiba. Melalui konsultasi dokter, Anda bisa mengetahui apakah tubuh Anda dalam kondisi yang baik untuk menjalani puasa atau sebaliknya. Dengan saran dari dokter, Anda dapat menjalani puasa dengan lebih aman dan menyehatkan.

Terpopuler