9 Langkah Siapkan Diri Jelang Ramadhan

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari

Senin 23 May 2016 07:18 WIB

Jelang Ramadhan usahakan untuk mulai mengontrol pola makan, agar ibadah bisa lancar. Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang Jelang Ramadhan usahakan untuk mulai mengontrol pola makan, agar ibadah bisa lancar.

REPUBLIKA.CO.ID, Bulan suci Ramadhan akan tiba dalam waktu dekat. Tubuh memang dapat beradaptasi dengan pola makan yang berubah selama puasa. Akan tetapi, ada beberapa persiapan yang baik untuk dilakukan agar tubuh lebih siap dengan perubahan pola makan selama puasa di bulan Ramadhan. Berikut ini ialah persiapan yang patut Anda lakukan menjelang Ramadhan seperti dilansir Al Arabiya.

Kurangi Makanan

Menjelang Ramadhan, biasakan untuk mulai menyantap makanan dengan jumlah yang secukupnya saja. Hindari belanja makanan berlebih menjelang Ramadhan. Kebiasaan ini justru akan meningkatkan nafsu makan Anda sehingga puasa akan terasa lebih sulit saat Ramadhan datang.

Sarapan Lebih Pagi

Selama Ramadhan, umat Muslim disarankan untuk menyantap makanan saat sahur. Sahur merupakan salah satu bagian terpenting dalam berpuasa yang sebisa mungkin jangan terlewatkan. Menyantap sarapan lebih cepat selama menyambut Ramadhan dapat membuat tubuh cepet terbiasa dengan makanan di pagi buta. Kebiasaan ini juga dapat membantu jika Anda tidak terbiasa dengan sarapan agar nantinya dapat menyantap sahur dengan lebih mudah.

Jauhi Ngemil

Sebelum Ramadhan, biasakan tubuh Anda untuk mengonsumsi makanan saat pagi, siang dan malam. Selain itu, sebisa mungkin jauhi mengemil di antara jam-jam makan tersebut. Pasalnya, selama puasa tubuh Anda hanya mendapatkan asupan makanan saat sahur dan berbuka. Pengurangan camilan akan lebih mempermudah tubuh Anda dalam beradaptasi dengan perubahan jam makan tersebut.

Terpopuler