9 Langkah Siapkan Diri Jelang Ramadhan

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari

Senin 23 May 2016 07:18 WIB

Jelang Ramadhan usahakan untuk mulai mengontrol pola makan, agar ibadah bisa lancar. Foto: Menjelang puasa Anda disarankan untuk mulai mendekatkan diri dengan Sang Pencipta.

Kurangi Kopi

Jika Anda pecinta kopi dan tidak ingin mengalami jantung berdebar selama puasa Ramadhan, ada baiknya jika Anda mulai mengurangi asupan kafein dari kopi Anda. Anda bisa mengganti kopi Anda dengan kopi bebas kafein dan meminumnya maksimal satu cangkir dalam satu hari. Secara bertahap, kurangi konsumsi sampai Anda benar-benar dapat meninggalkan kopi sebelum Ramadhan datang.

Berhenti Merokok

Jika Anda perokok, akan sulit bagi Anda memasuki Ramadhan tanpa persiapan. Selama tidak merokok saat puasa, Anda akan dengan mudah merasa marah, lelah, tidak sabar hingga sulit konsentrasi jika tanpa persiapan. Untuk menghindarinya, Anda perlu mulai mengurangi kebiasaan merokok sebelum Ramadhan datang agar terbiasa tanpa rokok. Ramadhan juga dapat menjadi saat yang tepat bagi Anda untuk benar-benar berhenti dari kebiasaan merokok.

Latihan

Tak ada persiapan diri yang lebih baik selain latihan berpuasa sebelum Ramadhan tiba. Anda dapat berpuasa sunnah hingga Ramadhan menjelang. Latihan berpuasa ini juga dapat Anda manfaatkan untuk mengganti puasa di tahun lalu jika Anda memiliki utang puasa sebelumnya.

Terpopuler