Kamis, 5 Safar 1436 / 27 November 2014
find us on : 
  Login |  Register
Kamis, 19 Juli 2012, 19:04 WIB

Ini Jadwal Kegiatan Ramadhan Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid Istiqlal Jakarta sudah menyiapkan serentetan acara guna menghidupkan bulan Ramadhan. Sejumlah kegiatan sudah dipersiapkan panitia Ramadhan masjid terbesar di Asia Tenggara itu.

Wakil Ketua Panitia Amalriyah Masjid Istiqlal, Muhammad Wahyono menjabarkan, setiap usai Shalat Isya dan Shalat Tarawih berjamahaan, di Masjid Istiqlal bakal dilakukan tadarus dan mendaras Alquran bersama. "Adapun ceramah tarawih, sahur bersama hingga ceramah subuh juga ada," sebut Wahyono saat ditemui ROL di Masjid Istiqlal, Kamis (19/7).

Pada 17 Ramadhan, kata Wahyono, panitia bakal menggelar Nuzulul Quran. "Tanggal 21 Ramadhan digelar qiyamul lail, yakni shalat tahajud sebelas rakaat yang diisi dengan Shalat Witir. Setiap harinya, imam bakal membaca juz Alquran sesuai tanggal tersebut," terang Wahyono.

Tak hanya itu, pada 25 hingga 27 Ramadhan, panitia Masjid Istiqlal juga menggelar pesantren kilat remaja. "Di malam terakhir bulan Ramadhan diadakan takbir akbar nasional menyambut Idul Fitri," sebut dia.

Sementara di akhir Ramadhan, panitia menerima zakat dan menjadi fasilisator pemberian zakat kepada yang berhak. Masjid Istiqlal menerima zakat fitrah, zakat mal yang direncanakan dahulu pengeluarannya. Selain itu mereka juga menerima denda kaffarot yang dibayarkan sepasang suami istri yang melanggar aturan bulan suci Ramadhan, fidiah yang dibayarkan bagi yang tidak berpuasa, misalnya karena sakit, melahirkan, atau menyusui hingga infaq dan sodakoh.

"Seluruh zakat fitrah, mal, kafarot, fidiah, infaq dan sodakoh kita kumpulkan dan salurkan sesuai program. Dan kita bagikan waktu pembagian takjil di malam terakhir supaya tidak terjadi keributan," terang Wahyono.

Reporter : MG04
Redaktur : Karta Raharja Ucu
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
Silahkan login atau register untuk kirim komentar Anda
Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah(HR. Tirmidzi)