Masjid Istiqlal Sambut Meriah Ramadhan

Rep: MG04/ Red: Karta Raharja Ucu

Kamis 19 Jul 2012 18:50 WIB

Masjid Istiqlal Foto: Republika/Agung Masjid Istiqlal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan Ramadhan tiba, masjid-masjid berlomba-lomba berhias dan menghidupkan rumah Allah SWT dengan berbagai kegiatan keagamaan. Salah satunya adalah Masjid Istiqlal, Jakarta.

Dalam menyemarakan Ramadhan, masjid seluas sembilan hektare area itu menyiapkan berbagai program untuk menghidupkan bulan penuh berkah tersebut. Selain itu, pengurus masjid dan panitia Ramadhan membersihkan masjid dan memperbaiki fasilitas, seperti penyediaan air bersih untuk berwudhu, jaringan listrik, menambah tenaga kebersihan dan tenaga keamanan.

Wakil Ketua Panitia Amalriyah Masjid Istiqlal, Muhammad Wahyono menjelaskan, tenaga kebersihan dikerahkan hingga malam hari. Penyediaan konsumsi seperti kantin serta penyediaan poliklinik juga disediakan. "Persiapan ini dilakukan guna melayani para jemaah", kata Wahyono saat berbincang dengan ROL di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (19/7).

Selama Ramadhan, panitia juga menyiapkan takjil atau makanan buka puasa. Kegiatan Shalat Tarawih berjamaan, membaca Alquran dan sahur bersama juga menjadi bagian dari kegiatan Ramadhan yang dipersiapkan panitia acara. "Berbuka puasa atau takjil biasanya diikuti sekitar tiga ribu jamaah. Dan biasanya kita memberikan takjil berupa nasi, kue, air mineral, teh, serta susu", terang Wahyono.

Sementara dalam pelaksanaan Shalat Tarawih, panitia membuat kebijakan shalat tarawih dua shift, yakni 11 rakaat dan 23 rakaat. "Hal ini guna melayani semua paham yang ada di masyarakat," sebut Wahyono.