Jalur Wisata Darajat di Garut Mulai Normal di Akhir Libur Lebaran

Red: Ani Nursalikah

Ahad 14 Apr 2024 22:36 WIB

Wisatawan memadati Taman Wisata Air Darajat Pass. Foto: Muhammad Harrel (Mgj01) Wisatawan memadati Taman Wisata Air Darajat Pass.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Arus kendaraan di jalur wisata pemandian air panas kawasan Darajat, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, mulai landai di akhir libur Hari Raya Lebaran, Ahad (14/4/2024).

Kepala Polsek Pariwangi Iptu Wahyono Aji membenarkan, akhir libur Lebaran kondisi arus lalu lintas di jalur wisata Darajat sudah mulai normal, berbeda dengan sebelumnya terjadi kepadatan mulai pagi sampai malam.

Baca Juga

"Kalau kemarin Sabtu itu jalur ramai, sampai tengah malam," kata Wahyono Aji di Pos Pengamanan Darajat, Ahad malam.

Ia menuturkan sejak libur Lebaran kawasan wisata Darajat di Kecamatan Pasirwangi menjadi tujuan wisatawan hanya untuk menikmati fasilitas kolam renang air hangat.

Tingkat kunjungan yang paling banyak selama libur Lebaran, kata dia, pada Sabtu (13/4/2024) mencapai 5.000 orang, dengan jumlah kendaraan yang masuk untuk roda dua sebanyak seribuan unit, dan roda empat 750 unit.

"Kalau waktu hari Sabtu itu banyak kendaraan, kalau sekarang hari Ahad sudah turun, hampir setengahnya dengan yang kemarin," katanya.

Adanya penurunan tingkat kunjungan itu artinya tidak akan ada lagi kepadatan arus kendaraan di jalur wisata Darajat. Begitu juga di destinasi wisata lainnya dilaporkan sudah mulai landai seperti dari wilayah selatan Garut.

Meski sudah terjadi penurunan, jajarannya tetap siaga di pos pengamanan dan jalur rawan macet untuk memastikan kondisinya aman dan tertib. "Kami pastikan tidak ada preman yang mengganggu, semua sudah kita antisipasi, begitu juga selama ini tidak ada insiden di jalur wisata, alhamdulillah aman," katanya.

Sementara itu, sampai Ahad malam sejumlah wisatawan masih terpantau ramai di kawasan wisata kolam renang Darajat Pass.

Manager Water Park Darajat Pass Andri Muhamad Hidayat mengatakan, tingkat kunjungan wisatawan saat musim libur Lebaran tidak terlalu ramai, jumlahnya hampir sama dengan libur akhir pekan, tercatat Sabtu (14/4/2024) sampai pukul 16.00 WIB hampir mencapai dua ribuan orang.

"Saat ini seperti kemarin kepadatannya, biasanya orang-orang tahun sebelumnya berminat ke Darajat Pass sekarang geser ke tempat lain," katanya.

Terpopuler