Puncak Arus Balik di Cianjur Sudah Terjadi Selama Dua Hari

Red: Ani Nursalikah

Ahad 14 Apr 2024 22:28 WIB

Anggota Satlantas Polres Bogor mengatur lalu lintas saat arus balik di jalan raya Puncak, Gadog, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Foto: ANTARA FOTO/Arif Firmansyah Anggota Satlantas Polres Bogor mengatur lalu lintas saat arus balik di jalan raya Puncak, Gadog, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Kepolisian Resor Cianjur, Jawa Barat, mencatat puncak arus balik yang melintas di jalur utama Cianjur sudah terjadi sejak Sabtu hingga Ahad malam. Sempat terjadi antrean panjang kendaraan pemilir berbaur dengan wisatawan menghabiskan libur hari raya.

Kasat Lantas Polres Cianjur AKP Anjar Maulana mengatakan puncak arus balik dengan tujuan Bogor, Jakarta dan seterusnya pada H+4 lebaran didominasi pemilir dengan roda dua dengan jumlah lebih dari 30 ribu kendaraan.

Baca Juga

"Memasuki H+4 Lebaran, kendaraan pemilir yang melintas jalur utama Cianjur, didominasi pemilir dengan roda dua, jumlahnya terus meningkat sejak Ahad pagi hingga malam, jumlahnya mencapai puluhan ribu," katanya, Ahad (14/4/2024).

Dia menjelaskan, meski puncak arus balik sudah terjadi selama dua hari di jalur utama Cianjur, namun pihaknya memprediksi volume kendaraan masih tetap tinggi melintas hingga Senin (15/4/2024) karena akhir libur panjang hari raya didominasi kendaraan wisatawan.

Anjar meminta pemilir yang hendak kembali ke kota asalnya masing-masing di Jabodetabek, menghindari melintas di jalur Puncak karena volume kendaraan masih tinggi melintas di jalur tersebut.

"Kami masih menerapkan rekayasa arus pada H+5 lebaran, ketika melihat volume kendaraan meningkat dan menyebabkan antrean karena hari terakhir libur panjang hari raya, ditambah libur sekolah masih panjang," katanya.

Rekayasa arus termasuk sistem satu arah akan dilakukan kembali secara situasional terutama saat petang, dimana volume kendaraan pemilir berbaur dengan kendaraan wisatawan seiring tutupnya obyek wisata.

"Rekayasa arus saat pagi dari Bogor menuju Cianjur dan petang dari Cianjur menuju Bogor, namun sifatnya situasional ketika terjadi antrean panjang kami akan berkoordinasi dengan Polres Bogor," katanya.

Anjar meminta pengguna jalan khususnya pemilir tetap mematuhi aturan lalu lintas dan mendengarkan anjuran petugas agar tidak terjebak macet di jalur Puncak saat hari terakhir libur panjang hari raya.

Terpopuler