Tips Menyimpan Kue Lebaran Agar Tetap Renyah Meski Toples Dibuka Berkali-kali

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti

Kamis 11 Apr 2024 22:49 WIB

Kue kering Lebaran (ilustrasi). Terdapat beberapa cara menyimpan kue kering agar tetap renyah. Foto: Dok. Freepik Kue kering Lebaran (ilustrasi). Terdapat beberapa cara menyimpan kue kering agar tetap renyah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aneka kue kering menyemarakkan momen Hari Raya Idul Fitri. Kehadiran kue Lebaran yang jumlahnya relatif banyak biasanya tidak membuatnya langsung habis dimakan pada hari Lebaran.

Agar kue Lebaran bisa tahan berhari-hari tanpa anyep, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Jika salah menyimpan kue kering ini, maka bisa jadi panganan ini akan melempem atau tidak renyah lagi setelah beberapa kali dibuka dari wadahnya. Berikut cara-cara menyimpan kue kering dan biskuit agar tetap renyah:

Baca Juga

1. Tutup dengan tisu 

Dilansir laman Times of India, Senin (1/4/2024), cara menyimpan biskuit dan kue kering adalah dengan wadah kedap udara dan melapisinya dengan beberapa tisu. Setelah itu,  letakkan kue yang sudah dipanggang di atas tisu dan tutupi dengan lapisan tisu lain. Cara ini dapat mempertahankan kesegaran dan kerenyahan biskuit dan kue kering untuk waktu yang lama. 

2. Simpan di lemari es

Cara lainnya untuk menyimpan kue dan biskuit adalah dengan menyimpannya dalam kemasan ziplock dan mendinginkannya di lemari es. Cara ini membantu mempertahankan tekstur dan menjaga kelezatan biskuit dan kue kering untuk waktu yang lama. 

3. Wadah yang tepat 

Cara termudah untuk menjaga kesegaran dan tekstur biskuit serta kue kering adalah dengan menyimpannya dalam wadah kedap udara. Simpan kue yang sudah ada di dalam wadah kedap udara di tempat sejuk dan kering seperti pantri.

Namun ada juga yang melarang menyimpan kue kering di dalam kantong atau wadah plastik. Bau alami plastik merusak aroma kue. Wadah kaca adalah cara terbaik untuk menyimpan kue kering. 

4. Panggang ulang atau hangatkan di airfryer

Panggang kue kering atau biskuit yang melempem selama lima hingga 10 menit dalam oven atau airfryer. Cara ini dipercaya dapat mengembalikan kerenyahan dan mempertahankan tekstur renyah karena proses ini membantu menghilangkan kelembabannya. 

5. Gunakan penyaring kopi

Menurut ahli dapur, Anda dapat menggunakan penyaring kopi untuk menjaga kerenyahan kue. Caranya adalah masukkan sedikit soda kue ke dalam penyaring kopi dan tutup. 

Letakkan penyaring kopi yang tertutup itu di dalam kotak kue di posisi mana pun. Kue Anda akan renyah lebih lama. 

6. Simpan di suhu ruangan yang sudah diturunkan

Jika Anda termasuk orang yang suka membuat kue kering di rumah, maka sebelum menyimpannya pastikan terlebih dahulu suhunya diturunkan ke suhu ruangan sebelum disimpan. 

7. Jangan mencampurnya

Secara umum, ada dua jenis kue yaitu kue kering dan kue lembut (soft cookies). Jangan pernah menyimpan kue kering bersama soft cookies, karena keduanya akan rusak dalam waktu singkat. 

8. Menggunakan gula batu atau roti 

Jika tidak memiliki gula batu, pertimbangkan untuk membuatnya sendiri dalam cetakan silikon hanya dengan menggunakan gula dan air. Dilansir TastingTable, alternatifnya adalah ambil sepotong roti untuk disimpan bersama kue Anda. Sama seperti gula batu, roti akan menyerap kelembaban berlebih yang masuk ke dalam toples kue kering Anda dan menjaga kue kering tetap segar lebih lama. 

 

Terpopuler