Resep Telur Gabus Renyah dan Gurih, Pas Buat yang Lagi Cari Inspirasi Kue Lebaran

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti

Selasa 02 Apr 2024 20:59 WIB

Aneka kue kering, salah satunya telur gabus (ilustrasi). Chef Yongki Gunawan membagukan resep telur rebus yang cocok untuk dijadikan ide kue Lebaran. Foto: ANTARA/SYIFA YULINNAS Aneka kue kering, salah satunya telur gabus (ilustrasi). Chef Yongki Gunawan membagukan resep telur rebus yang cocok untuk dijadikan ide kue Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Telur gabus merupakan camilan khas Betawi yang sangat umum disajikan dalam berbagai situasi, termasuk saat perayaan Lebaran. Selain memiliki rasa yang gurih dan nikmat, telur gabus juga relatif mudah untuk dibuat sendiri di rumah.

Melalui kanal YouTube resminya, Chef Yongki Gunawan, mengungkapkan bahwa camilan ini dinamakan telur gabus karena bentuknya yang mirip dengan telur ikan gabus. Meski memuat nama ikan gabus, camilan ini sama sekali tidak mengandung ikan.

Baca Juga

"Bentuknya saja (seperti telur ikan gabus). Rasanya keju, enak sekali, Anda bisa kerjakan di rumah," kata Chef Yongki.

Telur gabus juga dikenal dengan nama yang beragam di sejumlah area. Seperti dilansir Republika.co.id, camilan ini dikenal dengan nama bidaran atau telur endog belanak di Nganjuk, Jawa Timur.

Terlepas dari variasi namanya, cemilan ini paling dikenal dengan sebutan telur gabus. Camilan ini memiliki citarasa asin dan gurih, aroma yang wangi, serta tekstur yang renyah. Berikut ini adalah resep membuat telur gabus yang renyah dan gurih ala Chef Yongki, seperti dikutip dari kanal YouTube Yongki Gunawan pada Selasa (2/4/2024).

Bahan-bahan:

3 butir telur ayam dengan total berat 150 gram

370 gram tepung tapioka

70 gram margarin (boleh diganti mentega)

25 gram Chicken Powder

50 gram keju cheddar parut

50 gram keju tua parut (Contoh: parmesan, edam, atau gouda)

Minyak secukupnya untuk menggoreng dengan metode deep fry

Cara memasak:

1. Masukkan tepung tapioka, margarin atau mentega, chicken powder, keju cheddar parut, dan keju tua parut ke dalam sebuah wadah besar, lalu aduk rata.

2. Tambahkan dua telur terlebih dahulu ke dalam adonan lalu aduk rata. Setelah tercampur, tambahkan satu telur sisanya ke dalam adonan dan aduk rata kembali hingga adonan kalis atau tidak menempel di wadah.

3. Siapkan minyak goreng di dalam wajan, namun jangan nyalakan kompor.

4. Ambil sedikit adonan, pulung adonan hingga memanjang dan menyerupai bentuk telur ikan gabus, cemplungkan ke dalam minyak goreng di dalam wajan. Ulangi langkah ini hingga adonan telur gabus tampak cukup memenuhi wajan.

5. Nyalakan kompor dengan api kecil hingga minyak memanas, setelah itu atur api menjadi sedang dan goreng adonan telur gabus hingga matang. Chef Yongki mengungkapkan bahwa telur gabus sudah matang bila tampak mengambang di minyak, tidak berbusa, dan berwarna kuning keemasan.

6. Sebelum menggoreng batch berikutnya, matikan kompor terlebih dahulu. Tunggu hingga minyak goreng mendingin atau hangat. Setelah itu, kompor bisa kembali dinyalakan untuk menggoreng batch adonan telur gabus berikutnya.

7. Telur gabus siap dihidangkan. 

 

Terpopuler