Resep Kukis Cokelat Kacang tanpa Oven, Cocok untuk Kue Lebaran

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti

Selasa 02 Apr 2024 04:41 WIB

Kukis cokelat kacang (ilustrasi). Kukis cokelat kacang ini bisa dibuat tanpa oven dan cocok untuk kue Lebaran. Foto: Dok. Freepik Kukis cokelat kacang (ilustrasi). Kukis cokelat kacang ini bisa dibuat tanpa oven dan cocok untuk kue Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perayaan Lebaran selalu identik dengan beragam sajian kue kering hingga kukis yang menggugah selera. Sayangnya, tak semua orang memiliki oven untuk bisa membuat sajian khas Hari Raya tersebut.

Kabar baiknya, ada sejumlah kreasi kukis yang bisa dibuat dengan mudah tanpa menggunakan oven. Salah satu dari kreasi kukis tersebut adalah kukis cokelat kacang yang bisa dibuat hanya dengan mengandalkan kulkas.

Baca Juga

Resep kukis cokelat kacang tanpa oven dari penulis buku resep, Sally McKenney, ini hanya membutuhkan sekitar delapan bahan. Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan dan mengolah kukis cokelat kacang ini hanya sekitar 1,5 jam.

Delapan bahan dasar yang dibutuhkan untuk membuat kukis cokelat kacang ini juga sangat umum dan mudah ditemukan di pasaran. Kedelapan bahan dasar itu adalah mentega, gula pasir, susu, bubuk kakao, selai kacang, ekstrak vanilla, garam, dan oat.

"Di samping menggunakan bahan yang sangat umum, metode untuk membuatnya amat sederhana," kata McKenny, seperti dilansir Sally's Baking Addiction pada Senin (1/4/2024).

Bila memiliki alergi terhadap kacang, bahan selai kacang bisa diganti dengan selai biji bunga matahari atau bahkan selai Biscoff. Berikut ini adalah takaran bahan dan cara membuat kukis cokelat kacang tanpa oven yang sederhana dan cocok untuk disajikan saat perayaan Lebaran nanti.

Bahan-bahan:

56 gram atau 4 sdm mentega tak bergaram (unsalted butter)

300 gram gula pasir

120 ml susu

21 gram bubuk kakao tanpa tambahan pemanis (unsweetened)

170 gram selai kacang yang creamy

15 ml ekstrak vanilla

255 gram oat instan 

1/8 sdt garam

Cara membuat:

1. Campurkan mentega, bubuk kakao, gula pasir, dan susu ke dalam sebuah panci atau saucepan di atas kompor, dengan api sedang. Aduk terus hingga mentega mencair sepenuhnya. Setelah itu, aduk sesekali hingga mendidih. Setelah mendidih, diamkan sekitar satu menit lalu matikan api kompor.

2. Masukkan selai kacang dan ekstrak vanilla ke dalam campuran adonan yang baru dimasak, aduk hingga tercampur rata.

3. Tambahkan oat dan garam ke dalam adonan dan aduk kembali hingga tercampur rata.

4. Diamkan adonan selama sekitar lima menit agar oat bisa menyerap sedikit air dari adonan.

5. Sambil menunggu, siapkan kertas perkamen atau alas kue silikon di atas loyang yang lebar. Pastikan ada cukup ruang di dalam kulkas untuk menaruh loyang tersebut.

6. Ambil adonan dengan ukuran sekitar 1 sdm, lalu taruh adonan tersebut di atas kertas perkamen yang sudah disiapkan. Pipihkan adonan kukis hingga memiliki bentuk seperti kukis pada umumnya. Ulangi proses hingga semua adonan habis.

7. Dinginkan adonan kukis di dalam kulkas bagian bawah selama 30-60 menit. Setelah itu, kukis siap disajikan dan disantap.

8. Kukis yang tidak habis bisa disimpan di dalam kulkas bagian bahwa hingga satu pekan.

Terpopuler