Sering Diucapkan Saat Lebaran, Apa Makna Minal Aidzin wal Faizin?

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ani Nursalikah

Sabtu 06 Apr 2024 22:52 WIB

Pelajar bersalaman dengan guru saat pelaksanaan Halal Bi Halal di SDN Pengadilan 5, Kota Bogor, Jawa Barat. Foto: Republika/Putra M. Akbar Pelajar bersalaman dengan guru saat pelaksanaan Halal Bi Halal di SDN Pengadilan 5, Kota Bogor, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa hari lagi, umat Islam akan merayakan Idul Fitri 1445 H/2024 M. Biasanya ada ucapan khas dan populer ketika Idul Fitri, yakni Minal 'Aidin wal Faizin.

Apa Makna Minal 'Aidin wal Fa'izin?

Menurut Ahli tafsir Alquran Prof Quraish Shihab dalam bukunya Lentera Hati Pijar Hikmah dan Teladan Kehidupan, Minal 'Aidin berarti (semoga kita) termasuk orang-orang yang kembali. Kembali yang dimaksud adalah kembali fitrah yakni 'asal kejadian' atau kesucian atau agama yang benar.

Baca Juga

Puasa Ramadhan selama satu bulan ibarat proses penyucian diri sebelum datang hari kemenangan yakni Idul Fitri. Maka dari itu, kembali ke fitrah yang dimaksud Prof Quraish manusia kembali suci sebagaimana manusia yang baru dilahirkan.

Menurut Prof Quraish, untuk mencapai ke fitrah seseorang dituntut keserasian hubungan. Sebab, menurut Rasulullah saw, ad-din al-muamalah, yakni keberagamaan adalah keserasian dengan sesama manusia, lingkungan, dan alam.

Sementara itu, al-faizin diambil dari kata fawz yang berarti keberuntungan. Jika merujuk kepada Alquran, kata tersebut terdapa 29 kali di Alquran dalam berbagai bentuknya terulang.

Prof Quraish mengatakan jika ditelusuri makna...

Terpopuler