Naskah Khutbah Idul Fitri 2024: Merayakan Kemenangan dengan Akhlak

Red: Ani Nursalikah

Sabtu 06 Apr 2024 03:05 WIB

Suasana sholat Idul Fitri di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Jumat (21/4/2023). Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro Suasana sholat Idul Fitri di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Jumat (21/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Prof Dadang Kahmad, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَتُوْبُ إِلَيْهِ، وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ فَصَلَوَاتُ اللهِ وَسَلَامُهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ.

Baca Juga

أَمَّا بَعْدُ مَعَاشِرَ المُؤْمِنِيْنَ عِبَادَ اللهِ:

اَتَّقُوْا اللهَ تَعَالَى؛ فَإِنَّ مَنِ اتَّقَى اللهَ وَقَاهُ، وَأَرْشَدَهُ إِلَى خَيْرِ أُمُوْرِ دِيْنِهِ وَدُنْيَاهُ.

Hadirin yang berbahagia, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SwT, atas limpahan karunia-Nya yang tiada terhingga kepada kita sekalian, terutama nikmat iman dan Islam. Sehingga  di pagi hari yang indah ini kita berkumpul bersama, bersimpuh di hadapan-Nya merayakan Idul Fitri, 1 Syawal 1445 H.

Alhamdulillah kita merayakan 1 syawal 1445 H bertepatan dengan tgl 10 April 2024, penetapan lebaran kali ini sesuai dengan ketetapan PP Muhammadiyah yang berbasis wujudulhilal. Sesungguhnya masalah penanggalan bulan Hijriyah seharusnya sudah dianggap selesai jika kaum muslimin sudah mempunyai kalender tetap dan baku yaitu kalender Islam Global.

BACA JUGA: Niat Sholat Idul Fitri Lengkap Tata Cara, Hukumnya, dan Lafal Takbiran

Kapan tepatnya lebaran, apakah lima tahun ke depan bahkan duapuluh tahun ke depan sudah bisa diketahui dengan pasti melalui sitem hisab. Karena di zaman modern seperti sekarang ini teknologi hisab sudah canggih,  ilmu astronomi sudah sedemikian maju, sehingga peristiwa yang sifatnya rutin seperti awal bulan maupun gerhana, sudah dapat dihitung dengan lebih akurat dan pasti.

اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ

Alhamdulillah, pada hari ini Allah SwT memberikan kebahagian kepada kita dalam merayakan hari Idul Fitri 1445 H setelah kita semua bersusah payah selama sebulan dengan  melaksanakan berbagai ibadah di bulan Ramadhan. Kenapa saya sebut susah payah dalam bulan puasa, karena dalam bulan itu kita semua menahan dorongan kesenangan duniawi di siang hari, untuk tidak makan dan minum serta bergaul dengan pasangan kita demi melaksanakan perintah Allah.

Kita menderita kurang tidur karena malam dipakai ibadah yaitu melaksanakan shalat, qiroat, maupun ‘itikaf. Oleh karena itu, sepantasnya kita bersyukur telah bisa melewatinya dengan selamat, tanpa kekurangan sesuatu apapun.

Selanjutnya...

Terpopuler