UMKM Binaan Kemendag Ikut Ramaikan Republika Ramadhan Festival

Red: Ani Nursalikah

Kamis 04 Apr 2024 20:13 WIB

Sejumlah anak yatim penerima santunan berfoto saat acara Republika Ramadhan Festival: Berbagi Bersama Yatim di Masjid At Thohir, Depok, Jawa Barat, Selasa (2/4/2024). PT Republika Media Mandiri kembali menggelar Republika Ramadhan Festival bertemakan Berbagi Bersama Yatim. Acara tersebut diisi dengan kegiatan santunan untuk ratusan anak yatim dan dongeng Islami yang disampaikan oleh Ustaz Jaka Umbaran. Foto: Republika/Putra M. Akbar Sejumlah anak yatim penerima santunan berfoto saat acara Republika Ramadhan Festival: Berbagi Bersama Yatim di Masjid At Thohir, Depok, Jawa Barat, Selasa (2/4/2024). PT Republika Media Mandiri kembali menggelar Republika Ramadhan Festival bertemakan Berbagi Bersama Yatim. Acara tersebut diisi dengan kegiatan santunan untuk ratusan anak yatim dan dongeng Islami yang disampaikan oleh Ustaz Jaka Umbaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Republika kembali menggelar Ramadhan Festival dengan berkolaborasi bersama Masjid at-Thohir. Sejumlah kegiatan meramaikan Republika Ramadhan Festival, salah satunya bazaar produk kuliner dan busana muslim.

Direktur Utama Republika Tubagus Farash Akbar Farich mengatakan, Republika Ramadhan Festival merupakan kegiatan yang rutin digelar setiap tahunnya. Jika sebelumnya Republika Ramadhan Festival digelar di Masjid Istiqlal, maka pada tahun ini kegiatan ini digelar dengan berkolaborasi bersama Masjid At-Thohir yang terletak di Cimanggis, Kota Depok.

Baca Juga

"Hari ini kita mengadakan Republika Ramadhan Festival. Ini acara tahunan yang dilakukan Republika dengan tema yang berbeda-beda. Khusus hari ini kita mengadakan di at-Thohir, topiknya adalah Berbagi Bersama Yatim," ujar Farash, Rabu (3/4/2024).

Melalui acara ini, Farash berharap Republika bisa memiliki pengaruh yang lebih luas dan bisa bermanfaat untuk masyarakat. Menurut dia, kegiatan santunan ini memang merupakan langkah kecil, tapi anak-anak yatim tersebut kelak akan menjadi manusia yang bermanfaat untuk agama dan bangsa.

"Ini seperti berinvestasi juga. Jadi tidak hanya amal tapi berinvestasi di mereka supaya di kemudian hari mereka bisa tumbuh menjadi orang-orang yang bermanfaat untuk umat dan negara kita," katanya.

Selain kegiatan Berbagi Bersama Yatim, Republika Ramadhan Festival yang digelar sejak 1 hingga 2 April 2024 juga diramaikan dengan bazaar dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan dari Kementerian Perdagangan (Kemendag). Ada sebanyak lima UMKM binaan Kemendag yang ikut dalam bazaar di Masjid At-Thohir dengan menjual aneka kuliner untuk berbuka puasa hingga busana muslim.

Salah satu UMKM binaan Kemendag yang menarik perhatian pengunjung adalah Mbrebes Mili Food, dengan produk unggulan Ciomy yang merupakan makanan cuanki instan. "Ciomy ini sempat viral di media sosial, saya juga tahu dari sana. Kebetulan ada boothnya disini jadi saya beli, dan memang rasanya enak sekali," ujar Erna salah seorang pengunjung.

Terpopuler