Kamis 04 Apr 2024 15:45 WIB

Doa-doa Ketika dalam Kondisi Malas

Doa menjadi andalan orang beriman.

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul
Orang berdoa (ilustrasi).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Orang berdoa (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sholat merupakan kewajiban utama bagi setiap muslim. Namun, terkadang seseorang dapat merasakan keengganan atau malas untuk melaksanakan sholat. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari faktor fisik, emosional, hingga faktor lingkungan. 

Bagaimanapun, penting untuk mengatasi perasaan malas tersebut agar kita dapat mempertahankan hubungan spiritual dengan Allah SWT. Berikut doa yang bisa diucapkan ketika malas sholat:

Baca Juga

اللهم أعِنِّي عَلى ذكرك وشكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

 

Allahumma a'inni 'ala dzikrika wasyukrika wa husni 'ibadatika.

Ya Allah, tolonglah aku untuk selalu menyebut nama-Mu (pandai berdzikir), dan mampu selalu bersyukur kepada-Mu serta beribadah dengan baik kepada-Mu. (HR. Abu daud, Ahmad, An Nasai)

Doa agar selalu semangat

Dalam perjalanan hidup, semangat, keteguhan, dan kedisiplinan merupakan fondasi utama yang menopang pencapaian-pencapaian besar. Seseorang yang bersemangat dan rajin memiliki kemampuan untuk mengatasi tantangan, mengejar impian, dan mencapai tujuan-tujuan yang mereka terapkan. 

Di sini letak pentingnya menolak rasa takut, keengganan, dan kemalasan yang dapat menghambat kemajuan. Menolak menjadi pengecut, menepis rasa malas, dan berkomitmen untuk menjadi rajin adalah kunci utama untuk meraih keberhasilan.

اللهمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ العجز والكسل ، والجبن ، والهرم ، والبُخْلِ ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ القَبْرِ . وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ المَحْيَا وَالمَمَاتِ

Allahumma inni a’uudzu bika minal ‘ajzi wal kasali wal jubni wal haromi, wal bukhli. wa a’uudzu bika min ‘adzabil qabri, wa a’uudzubika min fitnatil mahya wal mamati.

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, sifat malas, sifat pengecut, kepikunan, kekikiran, dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kehidupan dan kematian. (HR. Bukhari & Muslim).

Doa terhindar dari sakit hati

اللَّهُمَّ أجِرْنِي فِي مُصِيبَتي وأَخْلِفْ لِي خَيْراً مِنْها

Allahumma ajirni fi mushibati wa akhlif li khairan minha.

Ya Allah berilah aku pahala dalam musibah ini, dan gantikanlah bagiku dengan sesuatu yang lebih baik dari padanya.

Sakit hati adalah pengalaman yang mendalam dan menyakitkan dalam kehidupan manusia. Terkadang, rasa sakit itu begitu kuat sehingga tampaknya sulit untuk menemukan jalan keluar. Namun, di tengah gelapnya kesedihan, Allah selalu mempunyai cara untuk mengembalikan semangat seseorang, yaitu dengan berdoa kepada-Nya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement