Pemudik Disarankan tak Bawa Kucing Peliharaan Saat Mudik, Rentan Stres

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti

Kamis 04 Apr 2024 04:48 WIB

Karyawan mengecek kondisi kucing di tempat penitipan kucing (ilustrasi). Pemudik disarankan tidak membawa hewan peliharaan saat mudik. Foto: Republika/Prayogi Karyawan mengecek kondisi kucing di tempat penitipan kucing (ilustrasi). Pemudik disarankan tidak membawa hewan peliharaan saat mudik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada momen mudik Lebaran, para pemilik hewan peliharaan kerap dihadapkan pada pilihan akan membawa hewan peliharaan atau dititipkan di pet hotel. Dokter Hewan yang berpraktik di Klinik drh Rajanti and Friends Tangerang Selatan, Banten, drh Rachmadika PY menyarankan untuk tidak membawa hewan peliharaan saat mudik.

Disclaimer dulu ya, saya pribadi nggak menganjurkan mudik bawa hewan karena rentan stres, terutama kucing,” ungkap drh Rachmadika saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (3/4/2024).

Baca Juga

Namun jika sudah membulatkan tekad untuk membawa hewan peliharaan ke kampung halaman, maka ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Periksakan dulu hewan peliharaan ke dokter hewan untuk cek vaksin dan kondisi kesehatan terkini.

Setelah itu, pastikan hewan peliharaan sudah terlatih untuk diajak bepergian. Gunakan transportasi yang layak dan memadai seperti mobil atau jasa pet transport (jangan motor). Pastikan pakan, minum, dan perlengkapan buang air tersedia seperti litter box untuk kucing. Pastikan hewan ditempatkan di posisi yang aman dan nyaman saat perjalanan. 

“Jadi itu lima poin penting dari saya. Bila dirasa sulit sebaiknya hewan dititipkan saja. Ciri-ciri hewan stres ketika lama terjebak dalam kemacetan, gelisah atau berontak, tampak terengah-engah sampai menjulurkan lidah, pipis atau pup terus menerus, dan muntah,” ujar drh Rachmadika.

Sementara itu, jika ingin menitipkan hewan di pet hotel, bisa di klinik hewan yang menyediakan fasilitas pet hotel. "Atau pet hotel yang memang sudah terpercaya, lebih dianjurkan yang diawasi oleh dokter hewan," kata dia.

Dilansir Holly Bank Cattery and Kennels, ada lima cara mengecek penitipan kucing yang layak:

1. Teliti reputasi cattery atau kandangnya

Cara terbaik untuk memulai adalah dengan bertanya kepada keluarga dan teman apakah mereka memiliki pengalaman dengan cattery tertentu, karena rekomendasi dari mulut ke mulut dapat membantu membuat keputusan yang tepat. Kemudian dapat memeriksa ulasan daring untuk melihat pendapat orang lain tentang tempat yang kita tuju, tetapi bacalah semuanya bukan hanya yang bintang 5.

 

2. Pastikan bersih dan terawat

Fasilitas yang dirawat dengan baik tidak hanya memastikan kucing kesayangan merasa nyaman saat kita bepergian, namun juga memberi kita ketenangan pikiran karena mengetahui staf di fasilitas tersebut menjalankan pekerjaannya dengan serius dan memperlakukan hewan dengan hormat. Setiap fasilitas yang bereputasi dan bertanggung jawab, akan memiliki staf yang berdedikasi untuk menjaga ruangan mereka tetap bersih dan ruang tamu dalam kondisi prima.

3. Tanyakan tentang kualifikasi dan pengalaman staf 

Meskipun beberapa fasilitas perawatan hewan peliharaan akan menggunakan sukarelawan, penting untuk memastikan bahwa beberapa penjaga hewan berpengalaman mengawasi dan menjalankan fasilitas yang kita cari. Jangan khawatir, setiap kucing atau cattery yang memiliki reputasi baik akan dengan senang hati berbagi kualifikasi, sejarah, kredensial, dan pengalamannya dengan kita. Hal ini karena mereka tahu betapa pentingnya bagi pemilik hewan peliharaan untuk mengetahui bahwa hewan peliharaannya dirawat dengan baik.

4. Cari tahu bagaimana semuanya dijalankan

Tanyakan jenis makanan dan perlengkapan tidur apa yang disediakan oleh cattery, dan apakah kita boleh membawanya sendiri dari rumah. Beberapa pemilik hewan peliharaan merasa lebih nyaman menyediakan kebutuhan tidur yang biasa bagi hewan peliharaan mereka, jadi tanyakan apakah ini bisa menjadi pilihan.

5. Tanyakan tentang olahraga, peluang sosial, dan hal lainnya

Terakhir, setelah semua dilakukan, sebaiknya kita meluangkan waktu untuk mencari tahu seperti apa kehidupan sehari-hari hewan peliharaan kita saat pergi.

• Kegiatan apa yang dilakukan hewan untuk berolahraga?

• Bagaimana peluang sosialisasi yang dimiliki hewan?

• Apakah ada batasan atau aturan yang berlaku untuk mencampurkan hewan?

• Bisakah hewan peliharaan kita bermain dengan hewan lain?

• Seberapa sering bisa keluar untuk mencari udara segar dan bersenang-senang?

Itu semua adalah pertimbangan penting ketika memilih jenis akomodasi liburan yang tepat untuk hewan peliharaan. Meskipun sebagian besar hewan memerlukan waktu menyendiri, mereka juga memerlukan sosialisasi sesekali dengan hewan lain. 

 

Terpopuler