Artis Bollywood Beragama Islam yang Jalani Puasa, Ada yang Rela tak Syuting Saat Ramadhan

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti

Selasa 02 Apr 2024 08:35 WIB

Shah Rukh Khan. Beberapa artis Bollywood beragama Islam dan menjalani puasa seperti Muslim lainnya, salah satunya Shah Rukh Khan. Dia bahkan dikabarkan tidak syuting selama Ramadhan. Foto: EPA Shah Rukh Khan. Beberapa artis Bollywood beragama Islam dan menjalani puasa seperti Muslim lainnya, salah satunya Shah Rukh Khan. Dia bahkan dikabarkan tidak syuting selama Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan Ramadhan menandai bulan kesembilan dalam kalender Islam. Pada bulan ini, semua umat Islam yang menjalankan ibadah puasa, berdoa, introspeksi dan terlibat dalam kegiatan filantropis dengan memberikan kontribusi kembali kepada masyarakat. 

Di India, ada beberapa selebritas beragama Islam yang berpuasa saat Ramadhan seperti Muslim lainnya. Berikut ini lima artis Bollywood yang menjalankan ibadah puasa. Siapa saja mereka?

Baca Juga

1. Shah Rukh Khan

photo
Shah Rukh Khan. - (EPA)

 

Superstar Bollywood Shah Rukh Khan membuat comeback spektakuler dengan tiga film superhits pada 2023. Dia bersiap untuk proyek yang lebih menarik, namun detailnya masih dirahasiakan.

Saat ini, seperti Muslim lainnya, Shah Rukh Khan, dikabarkan tidak akan menjalani syuting selama Ramadhan. Dia mengutamakan puasa dan ibadah lainnya selama bulan suci. Dikutip dari laman Siasat.com, Shah Rukh Khan menghentikan sementara kegiatannya di depan layar dan akan kembali syuting setelah Idul Fitri yang diperkirakan jatuh pada 10-11 April 2024.

Sebuah laporan di Indian Today juga mengonfirmasi bahwa syuting Shah Rukh Khan untuk proyek Suhana Khan dijadwalkan dimulai pada Mei. Penggemar dapat mengharapkan kembalinya Shah Rukh Khan ke lokasi syuting setelah Idul Fitri setelah dia mendedikasikan periode ini untuk beribadah dan berkumpul bersama keluarga.

2. Gauahar Khan 

photo
Aktris Bollywood, Gauahar Khan. - (Dok. Instagram/@gauaharkhan)

 

Gauahar Khan adalah seorang aktris, model dan tokoh televisi India terkenal. Dilansir IMDb, karier akting Khan dimulai dengan Rocket Singh: Salesman of the Year pada 2019. Selanjutnya, dia tampil di berbagai film Bollywood dan beberapa film terkenalnya termasuk Ishaqzaade (2012) dan Begum Jaan (2017), di mana penampilannya dipuji oleh kritikus dan penonton. 

Berbicara kepada Hindustan Times, istri dari aktor Zaid Darbar ini mengatakan Ramadhan adalah momen penting tahun ini.  “Ini adalah bulan terpenting bagi kami. Ini adalah janji Allah bahwa selama Ramadhan, Dia akan menghilangkan semua pengaruh buruk. Itu sebabnya ini bulan puasa, meminta apa saja yang diinginkan dan beramal,” ujar Khan, dilansir Moneycontrol, Kamis (21/3/2024). 

Berdasarkan unggahan-unggahan di akun Instagramnya, @gauaharkhan, saat ini Khan bersama Darbar dan Zehaan (anak mereka) baru saja menjalani ibadah umroh. Dia sempat melakukan siaran langsung di Makkah melalui Instagramnya. Di siaran langsungnya, Khan menunjukkan Ka'bah dari tempat penginapannya. 

3. Rakshanda Khan

photo
Aktris Bollywood Rakshanda Khan. - (Dok. Instagram/@rakshandakhan27)

 

Aktris Rakshanda Khan menjadi terkenal melalui perannya dalam serial India seperti "Kyunki Saas Bhi Kabhi Bahu Thi" dan "Jassi Jaisi Koi Nahin". Khan juga merupakan artis pengisi suara yang terampil, serta seorang istri dan ibu. 

Ketika berbicara dengan Hindustan Times, Khan mengenang bagaimana dia menjaga jumlah puasanya saat masih tinggal dengan sepupu-sepupunya. Karena mereka tinggal dalam satu keluarga, dengan 20 sepupu, menjaga jumlah puasa seperti sebuah kontes. 

“Seiring bertambahnya usia, makna puasa yang lebih dalam mulai Anda sadari. Ini bukan tentang kelaparan tetapi pembersihan. (Ramadhan) adalah tentang menenangkan pikiran, seni untuk mengendalikan semua kelebihan saya,” kata Khan. 

Nomor 4...lanjutkan membaca>>

 

Terpopuler