Polisi Terapkan Rekayasa Lalu Lintas Jalur Puncak Saat Libur Lebaran 6-15 April

Red: Qommarria Rostanti

Selasa 02 Apr 2024 21:53 WIB

Kepadatan kendaraan saat diberlakukan sistem satu arah menuju jalur wisata Puncak (ilustrasi). Kepolisian Resor Bogor menerapkan rekayasa lalu lintas di Jalur Wisata Puncak selama libur Lebaran. Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya Kepadatan kendaraan saat diberlakukan sistem satu arah menuju jalur wisata Puncak (ilustrasi). Kepolisian Resor Bogor menerapkan rekayasa lalu lintas di Jalur Wisata Puncak selama libur Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kepolisian Resor Bogor menerapkan rekayasa lalu lintas di Jalur Wisata Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, selama libur panjang hari raya Lebaran 1445 Hijriah. Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro mengungkapkan, rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan pada 6-15 April 2024 itu berupa sistem ganjil genap kendaraan dan sistem satu arah atau one way.

Dia mengatakan, rekayasa lalu lintas diterapkan untuk mengatur jumlah kendaraan yang melintas di Jalur Wisata Puncak. Ruas penghubung Kabupaten Bogor-Kabupaten Cianjur tersebut pada kondisi normal bisa menampung 28-32 ribu kendaraan dalam sehari.

Baca Juga

"Jangan sampai seperti (Lebaran) tahun lalu, jumlah pemotor saja sampai 82 ribu sehingga terjadi stuck di atas. Orang tidak bisa menikmati rekreasi yang ada di puncak," ungkapnya.

Rio menyebutkan, Polres Bogor pun mulai melakukan sosialisasi mengenai skema rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan selama libur Lebaran. Meski begitu, Polres Bogor tidak akan melakukan rekayasa lalu lintas saat hari Lebaran. Keputusan tersebut diambil karena saat libur Lebaran tahun lalu, kepadatan lalu lintas di Jalur Wisata Puncak terjadi pada H+1 hingga H+3 Lebaran.

Selain itu, kata Rio, pada hari Lebaran, jalur Puncak cenderung hanya digunakan oleh masyarakat sekitar untuk beribadah maupun bersilaturahim, sehingga tidak akan banyak digunakan oleh wisatawan maupun pemudik. Untuk mengantisipasi kemacetan yang disebabkan kendaraan mogok, Polres Bogor bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor untuk menyiagakan angkutan derek.

"Sudah disiapkan, kita ada mobil (derek) dua, (ditambah) kita pinjam juga dengan Dishub dan pemda juga dua," ujar Rio.

Terpopuler