Polisi Ingatkan Ormas tak Lakukan Pungli Modus Minta THR

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti

Selasa 02 Apr 2024 06:30 WIB

Pungli bermodus meminta THR (ilustrasi). Polisi mengingatkan ormas agar tidak melakukan pungli bermodus meminta THR. Foto: Republika/Tahta Aidilla Pungli bermodus meminta THR (ilustrasi). Polisi mengingatkan ormas agar tidak melakukan pungli bermodus meminta THR.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Organisasi kemasyarakatan (ormas) diingatkan untuk tidak melakukan pemungutan liar (pungli) dan pemerasan dengan modus meminta uang Tunjangan Hari Raya (THR). Hal ini disampaikan Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho pada Senin (1/4/2024).

"Saya mengimbau dan mengingatkan, dan tentunya akan kami tindak tegas oknum ormas yang memaksa minta THR kepada pelaku usaha," kata Kombes Zain dalam keterangannya.

Baca Juga

Dia mengatakan, momen Lebaran biasanya kerap dimanfaatkan sejumlah oknum ormas atau kelompok tertentu di lingkungan masyarakat untuk meminta THR kepada para pelaku usaha di wilayahnya. Oleh karena itu, kepada masyarakat di seluruh wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota diminta tidak perlu ragu dan takut melaporkan ke petugas bila mendapat tekanan atau intimidasi dari para oknum yang tidak bertanggung jawab itu.

"Silakan melakukan pengaduan ke Polres Metro Tangerang Kota di nomor telpon 082211110110 atau Call Center 110, bila mendapat informasi pemerasan dilakukan ormas atau kelompok tertentu," jelasnya.

Ia memastikan dan menjamin akan melindungi, melayani, dan mengayomi masyarakat serta berharap momen perayaan hari raya Idul fitri menjadi ajang bersilaturahmi dan menjaga tali persaudaraan. "Kepolisian juga mengimbau untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas menjelang, pada saat dan pasca giat mudik Lebaran guna menciptakan situasi aman, nyaman dan kondusif selama pelaksanaannya," ujarnya.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi mengatakan masyarakat yang menemukan aksi pemaksaan atau pemerasan THR untuk segera melapor. "Segera laporkan kepada pihak kepolisian terdekat, Polres maupun polsek atau melalui Call Center 110 jika ada ormas yang memaksa meminta THR Ramadan maupun Idul Fitri," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya.

Terpopuler