Tetap Hati-Hati, Hujan Intensitas Ringan-Sedang Diprediksi Guyur Perjalanan Mudik

Red: Reiny Dwinanda

Selasa 02 Apr 2024 14:29 WIB

Sejumlah pemudik menunggu kedatangan kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (1/4/2024). Hari ini sejumlah penumpang mulai memadati Stasiun Pasar Senen, untuk menuju ke kampung halaman dalam menyambut Idulfitri. Walaupun mulai padat, namun situasi masih kondusif. Sejumlah calon penumpang memilih mudik lebih awal untuk menghindari kepadatan jelang Lebaran Idul Fitri 1445 H. Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat untuk mudik Lebaran tahun ini lebih awal, Diperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah pemudik dengan total sekitar 190 juta orang atau meningkat 56 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Foto:

1

Berikutnya, pada periode 10 sampai 16 April 2024, BMKG memprediksi kondisi cuaca di wilayah Indonesia secara umum akan cerah hingga berawan. Lalu, sekitar tanggal 17 hingga 23 April 2024, cuaca kembali didominasi oleh hujan berintensitas ringan.

 

"Pada 17 hingga 23 April, hujan intensitas ringan hingga sedang," kata Dwikorita.

 

Berikutnya, Dwikorita juga menyampaikan kondisi gelombang laut pada Lebaran 2024. Secara umum, ketinggian gelombang di wilayah perairan Indonesia berkisar antara 0,5 sampai dengan 1 meter atau masuk dalam kategori rendah.

 

Walaupun begitu, BMKG memperingatkan masyarakat bahwa di beberapa perairan tertentu, gelombang laut dapat mencapai 2,5 meter atau dalam kategori sedang. Gelombang tersebut berpotensi terjadi di beberapa perairan, seperti perairan Sabang, perairan barat Aceh hingga Kepulauan Mentawai, perairan selatan Jawa hingga Pulau Sumba, dan Selat Bali.

Terpopuler