Tetap Hati-Hati, Hujan Intensitas Ringan-Sedang Diprediksi Guyur Perjalanan Mudik

Red: Reiny Dwinanda

Selasa 02 Apr 2024 14:29 WIB

Sejumlah pemudik menunggu kedatangan kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (1/4/2024). Hari ini sejumlah penumpang mulai memadati Stasiun Pasar Senen, untuk menuju ke kampung halaman dalam menyambut Idulfitri. Walaupun mulai padat, namun situasi masih kondusif. Sejumlah calon penumpang memilih mudik lebih awal untuk menghindari kepadatan jelang Lebaran Idul Fitri 1445 H. Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat untuk mudik Lebaran tahun ini lebih awal, Diperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah pemudik dengan total sekitar 190 juta orang atau meningkat 56 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Foto: Republika/Prayogi Sejumlah pemudik menunggu kedatangan kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (1/4/2024). Hari ini sejumlah penumpang mulai memadati Stasiun Pasar Senen, untuk menuju ke kampung halaman dalam menyambut Idulfitri. Walaupun mulai padat, namun situasi masih kondusif. Sejumlah calon penumpang memilih mudik lebih awal untuk menghindari kepadatan jelang Lebaran Idul Fitri 1445 H. Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat untuk mudik Lebaran tahun ini lebih awal, Diperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah pemudik dengan total sekitar 190 juta orang atau meningkat 56 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang akan melanda wilayah Indonesia secara umum pada periode mudik Lebaran 2024. Prakiraan cuaca itu berlaku untuk tanggal 3 hingga 9 April 2024.

 

Baca Juga

"Secara umum, pada periode 3 hingga 9 April 2024 wilayah Indonesia mengalami curah hujan dalam kategori ringan hingga sedang," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam rapat kerja Komisi V DPR RI bersama Menteri Perhubungan, Menteri PUPR, Kakorlantas Polri, Kepala BMKG, dan Kepala Basarnas terkait Kesiapan Mudik Lebaran 2024 di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (2/4/2024).

 

Meskipun hujan yang diprediksi turun itu berintensitas sedang, Dwikorita mengingatkan kemunculan genangan dan banjir tetap perlu diwaspadai oleh masyarakat.

 

"Meski hujan intensitas sedang, itu pun dapat memunculkan permasalahan banjir ataupun genangan karena kondisi alamnya atau di situ juga ada pertemuan sungai yang mengakibatkan lebih sensitif mengalami banjir, walaupun tidak hujan lebat," kata dia.

Terpopuler