Tiket Bus Aceh-Medan Sudah Habis untuk Keberangkatan 5 Hingga 9 April

Red: Reiny Dwinanda

Senin 01 Apr 2024 21:57 WIB

Sejumlah bus antarkota antarprovinsi (AKAP) yang membawa pemudik menunggu jadwal keberangkatan di Terminal tipe A Batoh, Banda Aceh, Aceh, Rabu (27/3/2024). Sebagian penumpang transportasi darat yang didominasi mahasiswa, pelajar dan santri tujuan Sumatera Utara, Padang, Riau dan Pulau Jawa memilih untuk mudik lebih awal sebagai upaya menghindari penumpukan penumpang saat puncak arus mudik hari raya Idul Fitri 1445 H. Foto: ANTARA FOTO/Khalis Surry Sejumlah bus antarkota antarprovinsi (AKAP) yang membawa pemudik menunggu jadwal keberangkatan di Terminal tipe A Batoh, Banda Aceh, Aceh, Rabu (27/3/2024). Sebagian penumpang transportasi darat yang didominasi mahasiswa, pelajar dan santri tujuan Sumatera Utara, Padang, Riau dan Pulau Jawa memilih untuk mudik lebih awal sebagai upaya menghindari penumpukan penumpang saat puncak arus mudik hari raya Idul Fitri 1445 H.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Pengelola Terminal Tipe A Banda Aceh menyebutkan tiket bus dari Terminal Bus Banda Aceh menuju Medan, Sumatra Utara untuk keberangkatan mulai H-5 Idul Fitri sudah habis dipesan calon pemudik. Dengan kata lain, sudah tidak ada tiket untuk 5 hingga 9 April 2024.

"Diprediksi tingkat pemesanan untuk keberangkatan arus mudik meningkat, setelah saya konfirmasi ke loket bus itu mulai dari tanggal 5 sudah full," kata Kepala Terminal Tipe A Banda Aceh, Heriyanto, di Banda Aceh, Senin (1/4/2024).

Baca Juga

Heriyanto menyampaikan untuk sementara ini belum terjadi lonjakan jumlah pemudik karena jumlah penumpang yang berangkat hampir sama seperti hari biasanya. Hanya saja, untuk tiket bus keberangkatan H-5 Lebaran 2024 sudah terisi.

Menurut dia, semua bus yang mengangkut penumpang mudik Idul Fitri tersebut sudah dipastikan layak jalan. Karena sebelum berangkat telah dilakukan pengecekan kendaraan.

"Pengecekan kami lakukan sore untuk keberangkatan malam. Itu ramp check setelah mereka masuk ke terminal. Jadi yang berangkat itu sudah layak jalan," ujar Heriyanto.

Sementara itu, petugas loket Bus PMTOH di Terminal Tipe A Batoh, Satria, menyampaikan bahwa tingkat pemesanan tiket mudik mulai meningkat. Tiket untuk keberangkatan 3-8 April rute lintas Sumatra dan Jawa sudah hampir terisi semuanya.

Terpopuler