Hindari Kemacetan, Kapolri Imbau Masyarakat Mudik ke Kampung Halaman Lebih Awal

Red: Nashih Nashrullah

Senin 01 Apr 2024 21:03 WIB

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat melakukan peninjauan langsung ke Pelabuhan Merak Banten terkait kesiapan pengamanan pelaksanaan mudik, Senin (1/4/2024). Foto: Dok. Humas Polri Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat melakukan peninjauan langsung ke Pelabuhan Merak Banten terkait kesiapan pengamanan pelaksanaan mudik, Senin (1/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK—Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengimbau masyarakat baiknya mudik Lebaran 1445 H/2024 lebih awal agar perjalanan lancar dan aman.

"Kita minta warga jika tidak ada kegiatan tentu lebih baik mudik lebih awal," kata Listyo Sigit saat melakukan pemantauan kesiapan Pelabuhan Merak, Banten, Senin.

Baca Juga

Berdasarkan hasil survei Kementerian Perhubungan bahwa mudik 2024 mengalami kenaikan sekitar 5 persen dibandingkan tahun lalu dan pihak kepolisian sudah mengantisipasi lonjakan penumpang maupun kendaraan terutama di Pelabuhan Merak, Banten.

Karena itu, masyarakat diimbau lebih baik mudik lebih awal untuk menghindari hari-hari puncak arus mudik yang diprediksi terjadi akhir pekan ini.

Selain itu, lanjut dia, masyarakat diharapkan bisa bergeser keberangkatan saat menyeberang dari Pelabuhan Merak menuju Pulau Sumatra melalui Pelabuhan Bakauheni dari malam ke siang hari.

Begitu juga jika masyarakat khawatir terancam keamanan di daerah-daerah rawan kejahatan sebaiknya melapor ke petugas pengamanan di posko-posko setempat. 

Petugas kepolisian juga bersiaga di sejumlah posko keamanan sepanjang jalur mudik di Pulau Sumatera. Selain itu kondisi jalan mudik di baik tol maupun jalur alternatif kondisinya cukup baik.

"Kami menjamin pelaksanaan mudik tahun ini relatif aman dan lancar serta selamat sampai tujuan," kata Kapolri menegaskan.

Dalam kunjungan kesiapan mudik Lebaran di Pelabuhan Merak juga dihadiri Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Pj Gubernur Banten Al Muktabar dan Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi.

Sementara itu, Menkopolhukam Hadi Tjahjanto, menyatakan pemerintah menjamin mudik Lebaran 1445 H/2024 berjalan lancar, aman dan selamat sampai tujuan.

"Kita memberikan pelayanan terbaik agar mudik berjalan lancar, aman dan selamat sampai tujuan," katanya saat meninjau kesiapan mudik di Pelabuhan Merak, Senin.

Pemerintah tentu memberikan jaminan arus mudik lancar, aman selamat sampai tujuan, karena sudah dipersiapkan mulai keberangkatan hingga perjalanan.

Persiapan ini, kata dia, di antaranya keamanan dan kelancaran di jalur bebas hambatan, jalur nasional, dermaga pelabuhan juga pos pengamanan dan pos pelayanan.

"Semua itu sudah dipersiapkan untuk memberikan pelayanan secara optimal kepada masyarakat yang hendak mudik Lebaran," katanya menjelaskan.

Menurut dia, pihaknya sudah memperhitungkan jika terjadi kemacetan kendaraan maka dilakukan tindakan mencari jalur alternatif. 

Begitu juga bila terjadi penumpukan kendaraan di pelabuhan maka tindakan yang dilakukan dengan menampung kendaraan di lahan-lahan parkir juga ditambah operasional kapal.

Dengan demikian, pihaknya meyakini arus mudik tahun 2024 berjalan aman dan lancar, katanya menjelaskan.

Terpopuler