Dari Rose Sherbet Hingga Maqluba, Inilah Sajian Tradisional Ramadhan di Sejumlah Negara

Red: Ani Nursalikah

Sabtu 30 Mar 2024 04:54 WIB

Luqaimat adalah makanan penutup tradisional Ramadhan khas Arab Saudi. Luqaimat memiliki rasa manis. Foto:

1

Sherbet mawar, dibuat dengan air dan dicampur dengan kelopak mawar atau sirup mawar, adalah minuman menyegarkan dan menghidrasi yang membantu mengisi kembali cairan yang hilang.

 

Ia diketahui kaya akan beberapa mineral bersama dengan beberapa zat pendingin, yang meredakan panasnya siang hari. Sherbet mawar juga dipercaya memiliki khasiat pencernaan yang membantu melancarkan pencernaan setelah seharian berpuasa.

Kelopak mawar atau sirup yang digunakan dalam pembuatan serbat mengandung senyawa yang dianggap merangsang enzim pencernaan, meningkatkan pencernaan dan mengurangi ketidaknyamanan yang terkait dengan mengonsumsi makanan setelah puasa.

 

Ia juga kaya akan sifat anti-inflamasi yang terbukti efektif mengurangi masalah pencernaan. Minuman sehat ini juga bermanfaat untuk memberikan energi instan setelah sepanjang hari berpuasa.

 

Selain itu, meminum serbat ini juga menjaga keseimbangan kadar nitrogen dalam tubuh. Oleh karena itu, bagi orang yang memiliki berat badan kurang namun ingin berpuasa sebulan penuh, maka orang tersebut wajib meminum Rose Sherbet setiap hari saat berbuka puasa.

 

Manfaat lain dari minuman ini adalah dari bunga mawar yang memiliki efek mendinginkan tubuh Anda dari dalam. Ini juga membuat kulit Anda bersinar.

Luqaimat dari Arab Saudi...

Terpopuler