10 Fakta Menarik Ramadhan di Turki, Ada Apa Saja?

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 29 Mar 2024 21:50 WIB

Pesan teks  di masjid Yeni, atau Masjid baru (kiri) dibaca dalam bahasa Turki Selamat datang bulan rahmat, dan di masjid Hagia Sophia Tidak ada Tuhan selain Allah menjelang bulan suci umat Islam Ramadhan, di Istanbul, Turki, Ahad (10/3/2024). Foto:

1

8. Boneka bayangan

Boneka bayangan "Hacivat dan Karagoz" Turki biasanya ditampilkan di halaman istana dan akan ditampilkan pada acara yang diadakan selama Ramadhan di Kekaisaran Ottoman. Sementara praktiknya telah sangat berkurang, selama bulan ini dapat dihidupkan kembali dalam acara Ramadhan khusus yang ditujukan untuk anak-anak.

9. Serial TV dan program spesial

Saluran televisi di Turki sering menyesuaikan program mereka selama bulan Ramadhan untuk memasukkan acara keagamaan, drama khusus dan program budaya yang selaras dengan semangat Ramadhan. Program-program ini menarik penonton yang luas dan serial dramanya disebut sebagai "Ramazan Dizileri."

10. Perubahan transportasi

Ada aturan praktis yang penting mengenai transportasi dan lalu lintas selama bulan Ramadhan dan itu adalah melakukan yang terbaik untuk menghindari menuju ke suatu tempat yang dekat dengan waktu buka puasa. Di Istanbul, buka puasa sekitar pukul 19.15.

Sedangkan di Ankara sekitar pukul 19.00. Jam menjelang buka puasa akan menjadi waktu yang sangat ramai untuk transportasi dan lalu lintas. Begitu buka puasa dimulai, tiba-tiba jalan-jalan akan sepi. Layanan transportasi umum meningkat selama bulan Ramadhan seperti metro Istanbul yang beroperasi hingga pukul satu pagi.

Perlu diingat pengemudi juga dapat gelisah menjelang jam buka puasa dan sepanjang hari karena tantangan mempertahankan puasa. Taksi terutama mungkin tidak ingin membawa pelanggan mendekati waktu buka puasa karena mereka mungkin ingin bergabung dengan keluarga mereka untuk berbuka. Kuncinya di sini adalah memiliki empati dan kasih sayang dan menyadari bagi sebagian besar orang di Turki, mematuhi kewajiban agama mereka bulan ini akan menjadi prioritas utama mereka.

Terpopuler