10 Fakta Menarik Ramadhan di Turki, Ada Apa Saja?

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 29 Mar 2024 21:50 WIB

Pesan teks  di masjid Yeni, atau Masjid baru (kiri) dibaca dalam bahasa Turki Selamat datang bulan rahmat, dan di masjid Hagia Sophia Tidak ada Tuhan selain Allah menjelang bulan suci umat Islam Ramadhan, di Istanbul, Turki, Ahad (10/3/2024). Foto:

1

4. Hidangan spesial

Hidangan tradisional Turki menjadi pusat perhatian selama Ramadhan. Makanan pokok iftar khusus sering kali termasuk kurma, zaitun, sup, dan pide yang menemani hidangan berbasis sayuran atau daging seperti rebusan.

Makanan penutup tradisional seperti baklava dan gullac juga populer selama ini. Supermarket akan memiliki kotak Ramadhan yang menyediakan bahan utama atau rempah-rempah untuk banyak hidangan ini.

photo
Tentara menembakkan meriam untuk menandai berakhirnya puasa dan saatnya berbuka puasa di hari pertama Ramadhan di depan Masjid Sultanahmet (Biru) di Istanbul, Turki, (23/3/2023). - (EPA-EFE/SEDAT SUNA)

5. Acara buka puasa umum

Berbagai kotamadya, organisasi, bisnis dan bahkan individu menyelenggarakan acara buka puasa umum yang besar, di mana orang-orang berkumpul untuk berbuka puasa. Acara ini sering berlangsung di alun-alun atau taman umum, mempromosikan rasa kebersamaan dan persatuan.

6. Lampu Sultanahmet

Distrik Sultanahmet yang bersejarah di Istanbul dihiasi dengan lampu Ramadhan khusus selama sebulan. Area di sekitar Masjid Biru dan Masjid Agung Hagia Sophia diterangi dengan indah, menciptakan suasana yang meriah dan spiritual.

7. Perayaan malam hari

Di berbagai kota, terutama Istanbul, malam menjadi hidup selama Ramadhan dengan acara dan perayaan khusus. Ruang publik, masjid, dan pasar sering kali diterangi dengan indah, dan mungkin ada acara budaya dan agama sepanjang bulan. Banyak orang suka berjalan-jalan setelah makan buka puasa yang cepat sehingga area pejalan kaki akan lebih ramai dari biasanya dan beberapa toko dan pasar tetap buka.

Selanjutnya...

Terpopuler