Ini Hadits yang Bocorkan Kapan Malam Lailatul Qadar

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 27 Mar 2024 15:46 WIB

Jamaah membaca Alquran saat beritikaf di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (14/4/2023) dini hari. Foto:

1

4. Salah Satu dari 10 Malam Terakhir Ramadhan

Pendapat ini menyebut Lailatul Qadar ada di salah satu malam di sepuluh terakhir Ramadhan, tetapi tidak bisa dipastikan pada tanggal berapa. Menurut pendapat ini, meski tidak diketahui, tanggalnya tidak berpindah-pindah dan setiap tahun selalu jatuh pada malam yang sama. Pendapat ini adalah pendapat resmi Mazhab Asy-Syafi'iyah, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Nawawi.

5. Salah Satu dari Semua Malam Ramadhan

Ibnu Abidin dalam kitab Hasyiatu Abdin mengemukakan pendapat yang menyebut bahwa Lailatul Qadar itu ada di sepanjang Ramadhan, sejak malam pertama hingga malam terakhir. Dengan demikian, Lailatul Qadar bisa ada di salah satu malam di sepanjang bulan suci Ramadhan.

6. Malam Ke-17 Ramadhan

Pendapat ini didasarkan pada hadis riwayat Ath-Thabarani dan Abu Syaibah, dari jalur Zaid bin Arqam. Rasulullah SAW bersabda, "Aku tidak ragu bahwa malam 17 Ramadhan adalah malam turunnya Al-Quran."

Dalam hadits yang diriwayatkan dari Ibnu Masud, disebutkan bahwa Lailatul Qadar itu adalah malam yang di siangnya terjadi Perang Badar, berdasarkan firman Allah SWT dalam Surat Al-Anfal ayat 41, "Jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang kami turunkan kepada hamba Kami di hari Furqaan, yaitu di hari bertemunya dua pasukan."

7. Malam Ke-19 Ramadhan

Ibnu Hajar menjelaskan bahwa dalil yang menjadi landasan pendapat ini diriwayatkan oleh Abdurrazzaq dari jalur Ali bin Abi Thalib. Imam ath-Thabari menyambungkan hadits itu kepada Zaid bin Tsabit dan Ibnu Masud. Adapun Ath-Thahawi menyambungkan hadits itu kepada Ibnu Mas'ud.

Sumber: Masrawy, Elbalad, dan Jaminan Mendapat Lailatul Qadar karya Ahmad Sarwat

Terpopuler