Ramadhan Bulan Kesabaran dan Kasih Sayang

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 27 Mar 2024 09:05 WIB

Warga membawa takjil yang dibagikan gratis di depan Masjid At-Taqwa, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Selasa (26/3/2024). Pembagian takjil yang bersumber dari donasi warga sekitar Masjid At-Taqwa itu dimulai sejak tahun 2020. Pada Ramadhan tahun ini, pihak panitia menyediakan sekitar 150 hingga 270 paket yang terdiri dari enam jenis makanan untuk warga berbuka puasa. Kegiatan tersebut disambut antusias oleh warga sekitar yang rela menyimpan sandal miliknya di depan tenda pembagian takjil sejak pukul 14.00 WIB agar tidak diserobot antreannya oleh warga lain. Foto:

1

Selanjutnya, Baginda Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa inilah bulan kasih sayang. Ramadhan disebut sebagai bulan kasih sayang. Wujudnya yaitu dengan membantu fakir miskin.

Jika ada sepuluh jenis makanan yang kita sediakan untuk berbuka, sekurang-kurangnya tiga atau empat dari jenis makanan itu disisihkan untuk fakir miskin.

Jika kita tidak dapat memberikan yang lebih baik dari yang kita makan, paling tidak kita berikan yang sama dengan yang kita makan. Berapa pun kemampuan kita, sisihkanlah sebagian makanan berbuka dan bersahur kita untuk fakir miskin.

Demikian dijelaskan dalam Kitab Fadhilah Ramadhan yang ditulis Syaikhul Hadits Maulana Muhammad Zakariyya Al-Kandahlawi Rahmatullah alaih dan diterjemahkan Tim Penerjemah Kitab Fadhilah Amal Masjid Jami Kebon Jeruk Jakarta, diterbitkan Pustaka Ramadhan.

مسند أحمد ٢٠٤٠٢: حَدَّثَنَا أَبُو كَامِلٍ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ عَنْ الْأَزْرَقِ بْنِ قَيْسٍ عَنْ رَجُلٍ مِنْ بَنِي تَمِيمٍ قَالَ كُنَّا عِنْدَ بَابِ مُعَاوِيَةَ بْنِ أَبِي سُفْيَانَ وَفِينَا أَبُو ذَرٍّ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ صَوْمُ شَهْرِ الصَّبْرِ وَثَلَاثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ صَوْمُ الدَّهْرِ وَيُذْهِبُ مَغَلَةَ الصَّدْرِ قَالَ قُلْتُ وَمَا مَغَلَةُ الصَّدْرِ قَالَ رِجْسُ الشَّيْطَانِ

Abu Dzar berkata bahwa dirinya mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Puasa pada bulan kesabaran (Ramadhan) dan puasa tiga hari pada setiap bulan setara dengan puasa setahun dan dapat menghilangkan kesempitan dalam dada."

Abu Dzar berkata, "Aku bertanya 'Kesempitan dalam dada itu apa?'" Nabi Muhammad SAW menjawab, "Pekerjaan setan." (HR Imam Ahmad)

Terpopuler