Banyak Peminat, Dishub DKI Jakarta akan Tambah Kuota Mudik Gratis

Rep: Bayu Adji P/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 26 Mar 2024 14:13 WIB

Calon pemudik mengisi berkas verifikasi data di Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Sabtu (23/3/2024). Masyarakat yang telah melakukan pendaftaran program mudik gratis Pemprov DKI Jakarta secara online mulai melakukan verifikasi data hari ini. Verifikasi tersebut dibagi menjadi 3 klaster tergantung keberangkatan. Untuk diketahui, Pemprov DKI Jakarta pada Ramadhan tahun ini kembali menyediakan layanan mudik gratis bagi warga dengan tujuan 19 kota/kabupaten dan jumlah armada sebanyak 259 bus saat arus mudik dan 210 bus saat arus balik. Lalu, ada 13 truk untuk mengangkut motor pemudik saat arus mudik dan 10 truk untuk arus balik. Foto:

1

Untuk mengatasi adanya masyarakat yang tak sempat mendaftar, Dishub sedang berkoordinasi dengan beberapa BUMD untuk penambahan bus. Disebutkan, beberapa BUMD itu sudah menyatakan bersedia menambah bus.

"Itu tambahan di luar yg 18.760 (kursi). Jadi nanti akan ada beberapa bus tambahan selain kuota yang kosong, juga ada beberapa bus tambahan dan bantuan dari BUMD dan mitra yang akan kita umumkan nanti," ujar Syafrin.

Menurut dia, Dishub DKI Jakarta juga telah sudah mendapatkan bantuan sebanyak enam bus untuk disabilitas dalam program mudik gratis dari Bazis. Dengan begitu, disabilitas yang mendaftar bisa diakomodir masuk ke layanan enam unit bus yang disiapkan Bazis.

Ia menyatakan, saat ini pihaknya sedang menghitung total kuota pendaftaran yang akan kembali dibuka. Sejauh ini, bus tambahan yang sudah terdata berjumlah delapan unti, sebanyak enam dari Bazis dan dua dari mitra Dishub.

Ihwal pendaftaran gelombang kedua, Syafrin mengatakan, pihaknya masih terus melakukan verifikasi. "Sekarang kan sedang verifikasi. Kita harapkan minggu ini paling lambat selesai, sehingga pada awal minggu depan kita bisa umumkan," kata dia.

Cara daftar mudik gratis...

Terpopuler