Banyak Peminat, Dishub DKI Jakarta akan Tambah Kuota Mudik Gratis

Rep: Bayu Adji P/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 26 Mar 2024 14:13 WIB

Calon pemudik mengisi berkas verifikasi data di Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Sabtu (23/3/2024). Masyarakat yang telah melakukan pendaftaran program mudik gratis Pemprov DKI Jakarta secara online mulai melakukan verifikasi data hari ini. Verifikasi tersebut dibagi menjadi 3 klaster tergantung keberangkatan. Untuk diketahui, Pemprov DKI Jakarta pada Ramadhan tahun ini kembali menyediakan layanan mudik gratis bagi warga dengan tujuan 19 kota/kabupaten dan jumlah armada sebanyak 259 bus saat arus mudik dan 210 bus saat arus balik. Lalu, ada 13 truk untuk mengangkut motor pemudik saat arus mudik dan 10 truk untuk arus balik. Foto: Republika/Thoudy Badai Calon pemudik mengisi berkas verifikasi data di Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Sabtu (23/3/2024). Masyarakat yang telah melakukan pendaftaran program mudik gratis Pemprov DKI Jakarta secara online mulai melakukan verifikasi data hari ini. Verifikasi tersebut dibagi menjadi 3 klaster tergantung keberangkatan. Untuk diketahui, Pemprov DKI Jakarta pada Ramadhan tahun ini kembali menyediakan layanan mudik gratis bagi warga dengan tujuan 19 kota/kabupaten dan jumlah armada sebanyak 259 bus saat arus mudik dan 210 bus saat arus balik. Lalu, ada 13 truk untuk mengangkut motor pemudik saat arus mudik dan 10 truk untuk arus balik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta berencana kembali membuka pendaftaran untuk program mudik gratis pada 2024. Saat ini, Dishub masih melakukan tahapan verifikasi kepada masyarakat yang telah mendaftar untuk program tersebut.

Kepala Dishub Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, kuota pendaftaran secara daring untuk program mudik gratis itu sebenarnya sudah penuh. Namun, saat ini pihaknya sedang melakukan verifikasi data dari pendaftar. Ada beberapa pendaftar secara daring yang tidak bisa menunjukkan KTP.

Baca Juga

"Karena pada saat mereka mendaftar pun itu tidak bisa menginput NIK, sehingga ini yang kemudian kita keluarkan dan potensial akan ada sisa kuota yang kemudian itu akan kami umumkan kembali untuk tahapan berikutnya," kata dia, Selasa (26/3/2024).

Menurut dia, antusias masyarakat untuk mendaftar program mudik gratis sangat tinggi. Berdasarkan catatannya, ketika hari pertama pendaftaran dibuka, terdapat sekitar 5.000 orang yang mendaftar.

Ia menyebutkan, pada tahun ini Dishub Provinsi DKI Jakarta menyiapkan 469 unit bus dengan 18.760 kursi untuk program mudik dan balik gratis. Sebanyak 259 unit bus akan digunakan untuk mudik dan 210 unit bus itu untuk balik. Namun, kuota untuk mudik gratis itu sudah penuh.

Untuk mengatasi adanya masyarakat yang tak sempat...