Resep Praktis Ayam Kukus Jahe Ala Chef Olivia Tommy, Cocok untuk Sahur dan Berbuka

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Kamis 21 Mar 2024 09:08 WIB

Menu ayam kukus jahe ala Chef Olivia Tommy. Resep ini termasuk praktis untuk menu sahur ataupun berbuka puasa. Foto: Dok Shopee Indonesia Menu ayam kukus jahe ala Chef Olivia Tommy. Resep ini termasuk praktis untuk menu sahur ataupun berbuka puasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Chef Olivia Tommy berbagi resep menu makanan yang bergizi dan praktis yang bisa dicoba Muslim untuk sahur atau berbuka. Selain mudah dibuat, resep makanan ini tetap mengandung nutrisi untuk keluarga, yakni ayam kukus jahe.

Chef Olivia Tommy menjelaskan bahwa ayam kukus jahe merupakan hidangan khas Indonesia yang sangat populer di berbagai daerah. Kombinasi antara ayam yang lembut dan rempah-rempah, terutama jahe, memberikan cita rasa yang khas dan segar.

Baca Juga

"Jahe, sebagai bahan utama, memiliki manfaat antiinflamasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Keunggulan tersebut di kombinasi dengan ayam, yang kaya dengan protein sehingga menjadikan hidangan ini pilihan yang sehat," ujarnya, dikutip dari siaran pers dari Shopee Indonesia, Kamis (21/3/2024).

Sajian ini dijamin lezat, juga sangat praktis untuk disiapkan. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan proses memasak yang sederhana, chef Olivia mengatakan siapa saja dapat menyajikan hidangan istimewa ini tanpa harus menghabiskan waktu lama di dapur. Berikut detail resepnya.

Bahan baku

Marinasi ayam:

- Satu ekor ayam kampung (ukuran kecil hingga sedang)

- Dua sendok teh garam

- Setengah sendok teh merica

- Tiga per empat cuka hitam

- Satu sendok teh gula

Bahan pendukung:

- Dua siung bawang putih

- Enam iris jahe

- 70 gram bawang pre potong

- 100 gram irisan jamur shitake

Bumbu penyedap rasa:

- Dua iris jahe cincang

- Satu siung bawang putih cincang

- Dua sendok makan kecap asin

- Dua sendok makan air

- Satu sendok teh cuka hitam

- Satu sendok teh gula

- Secubit lada putih

- Garam secukupnya

Terpopuler