Kiat Menjaga Kesehatan Holistik Selama Berpuasa

Red: Ani Nursalikah

Rabu 20 Mar 2024 20:34 WIB

Penjual menata pernak-pernik Ramadhan di Toko Acai Jaya, Medan, Sumatera Utara, Rabu (20/3/2024). Pernak pernik yang biasanya digunakan untuk hiasan ruangan dan bingkisan Lebaran tersebut dijual dengan harga Rp5.000 hingga Rp600.000. Foto: ANTARA FOTO/Fransisco Carolio Penjual menata pernak-pernik Ramadhan di Toko Acai Jaya, Medan, Sumatera Utara, Rabu (20/3/2024). Pernak pernik yang biasanya digunakan untuk hiasan ruangan dan bingkisan Lebaran tersebut dijual dengan harga Rp5.000 hingga Rp600.000.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih fitness dan pembuat konten Salsabila Avinandita membagikan sejumlah kiat untuk menjaga kesehatan holistik selama berpuasa, yang mencakup kesehatan fisik, keseimbangan pikiran serta jiwa dalam tubuh.

“Semakin bertambahnya umur, aku semakin menyadari kesehatan secara holistik itu penting banget untuk kualitas hidup lebih prima, meningkatkan energi, dan memperpanjang masa hidup,” kata Salsa saat ditemui dalam acara bincang-bincang bersama di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2024).

Baca Juga

“Bukan cuma di bulan Ramadhan, tapi manfaatnya bisa untuk jangka panjang, yaitu membantu mengatasi masalah kesehatan di hari tua nanti. Dalam mencapai tubuh, pikiran, dan jiwa yang sehat serta bahagia bisa diwujudkan dengan motivasi diri yang kuat dan faktor lainnya,” katanya.

Ramadhan kerap menjadi bulan untuk melaksanakan ibadah dan memperbanyak amalan. Periode ini juga seringkali dijadikan momentum untuk memperbaiki diri, baik dari luar maupun dalam diri.

Dalam menciptakan kesehatan yang optimal dan seimbang, ada tiga hal yang memiliki keterkaitan kuat satu sama lain, yakni tubuh, pikiran dan jiwa. Oleh karena itu, Salsa membagikan sejumlah kiat untuk menjaga kesehatan holistik selama berpuasa, dan diharapkan dapat dilakukan untuk jangka waktu yang panjang.

Kiat menjaga kesehatan holistik selama puasa...

Terpopuler