Variasi Menu Kurma untuk Buka Puasa, dari Susu Kurma Hingga Puding Kurma

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti

Rabu 20 Mar 2024 16:32 WIB

Kurma (ilustrasi). Ada beragam sajian kurma yang bisa Anda pilih untuk buka puasa. Foto: Pixy.org Kurma (ilustrasi). Ada beragam sajian kurma yang bisa Anda pilih untuk buka puasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seiring tiba bulan suci Ramadhan, umat Islam di seluruh dunia bersiap memulai ibadah puasa. Salah satu tradisi yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari berbuka puasa adalah memulainya dengan kurma.

Selain menjadi sunah Rasulullah SAW, kurma juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa ragam menu buka puasa yang bisa Anda coba dengan menggunakan kurma sebagai bahan utamanya:

Baca Juga

1. Puding kurma

Resep ini menggabungkan kelezatan kurma dengan kemanisan agar-agar jeli coklat dan kelembutan susu coklat. Caranya mudah, campurkan agar-agar jeli dengan gula pasir, tambahkan kurma, susu coklat, dan garam, lalu masak hingga mendidih. Tuangkan ke dalam cetakan, dinginkan, dan sajikan dingin.

Bahan-bahan:

- 1 sachet agar-agar jeli coklat

- 3 sdm gula pasir

- 200 ml susu coklat

- 20 buah kurma, cincang, buang bijinya

- 500 ml air

- 1/2 sdt garam

2. Brownies kurma

Siapa bilang buka puasa tidak bisa disertai dengan kudapan manis? Brownies kurma adalah pilihan yang sempurna. Campurkan telur, gula pasir, butter, dark cooking chocolate, terigu, cokelat bubuk, dan kurma potong kecil menjadi adonan yang kental. Kukus hingga matang, kemudian brownies siap disantap.

Bahan-bahan:

- 2 butir telur

- 75 gram gula pasir halus

- 1 sdt SP

- 65 gram butter

- 40 gram DCC (Dark Cooking Chocolate)

- 40 gram tepung terigu protein sedang

- 20 gram cokelat bubuk

- 1/2 sdt baking powder

- 1/2 sdt vanili bubuk

- 15 buah kurma, potong-potong kecil

3. Lumpia kurma keju

Kreasi unik dari Sisca Soewitomo ini menggabungkan rasa manis kurma dengan kelezatan keju mozzarella dalam kulit pangsit yang renyah. Belah kurma, isi dengan potongan keju, lalu gulung dengan kulit pangsit. Goreng hingga kuning kecoklatan, dan nikmati lumpia kurma keju hangat.

Bahan-bahan:

- 20 buah kurma

- 20 buah keju mozarella, dipotong kotak-kotak sebesar kurma

- 10 lembar kulit pangsit siap pakai ukuran kecil

- Minyak untuk menggoreng

4. Susu kurma

Nikmati kesegaran susu kurma dengan mencampurkan kurma yang sudah direndam dengan susu UHT dan madu. Blender hingga halus, tuangkan ke dalam gelas, dan sajikan untuk menyegarkan tenggorokan saat berbuka.

Bahan-bahan:

- 7 butir kurma

- 200 ml susu UHT

- 150 ml air

- 1/2 sdm madu

 

 

5. Salad Buah Kurma

Padukan kurma dengan berbagai buah-buahan favorit Anda, seperti semangka, melon, stroberi, dan pepaya. Siram dengan saus salad dan taburan keju parut untuk tambahan rasa yang nikmat.

Bahan-bahan:

- kurma yang sudah dipotong-potong

- semangka

- melon

- stroberi

- pepaya

- bengkoang

- saus salad

- keju parut

6. Teh kurma

Ciptakan minuman hangat yang segar dengan merendam kurma dalam air panas bersama kantong teh celup. Sajikan teh kurma hangat untuk menemani berbuka puasa.

Bahan-bahan:

- 3 buah kurma

- 1 kantong teh celup

- 1 gelas air panas

7. Smoothies kurma pisang

Campurkan pisang, kurma, madu, dan susu ke dalam blender untuk membuat smoothie yang kaya akan nutrisi dan rasa. Proses hingga halus, tuangkan ke dalam gelas, dan nikmati kesegaran smoothie kurma pisang.

Bahan-bahan:

- 1 buah pisang

- 3 butir kurma

- 2 sdm madu

- 125 ml susu

Dengan ragam menu buka puasa yang lezat dan menyehatkan ini, momen berbuka puasa Anda akan semakin meriah dan penuh kenikmatan.