Buka Puasa Pakai Kurma, Ini Manfaat tak Terduga yang Diperoleh Muslim Ketika Menyantapnya

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti

Rabu 20 Mar 2024 04:58 WIB

Kurma (ilustrasi). Cukup banyak manfaat kesehatan yang bisa diperoleh saat buka puasa dengan mengonsumsi kurma. Foto: Republika.co.id Kurma (ilustrasi). Cukup banyak manfaat kesehatan yang bisa diperoleh saat buka puasa dengan mengonsumsi kurma.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbuka puasa dengan kurma sangat dianjurkan bagi umat Islam. Seorang ahli nefrologi, dr Rajkumar Prasad mengatakan, pilihan terhadap kurma memiliki makna religius dan ilmiah.

Dalam tradisi Islam, berbuka puasa dengan kurma dianggap sunah, sejalan dengan ajaran Nabi Muhammad SAW. Kurma diyakini sebagai buah kering favorit Nabi Muhammad SAW dan rutin dikonsumsi, terlebih untuk berbuka puasa. Mengikuti teladan Nabi Muhammad SAW dianggap sebagai praktik yang baik.

Baca Juga

Karena itu, umat Islam memprioritaskan kurma untuk berbuka puasa sebelum menikmati makanan lainnya ketika buka puasa. Dia mengungkapkan manfaat kurma secara ilmiah untuk berbuka puasa yang mungkin jarang diketahui Muslim ketika menyantapnya. 

Dr Rajkumar Prasad, yang berasal dari Gaya, Bihar, India, itu menjelaskan, puasa dalam arti tidak makan dan minum dari sejak terbit fajar sampai terbenam matahari dapat menyebabkan keasaman di dalam perut. Hal itu akan mendorong beberapa orang untuk mengonsumsi makanan berkalori tinggi dengan cepat sehingga memperburuk masalah pencernaan.

"Namun kurma menawarkan solusi dengan meningkatkan kadar cairan empedu, menjaga kesehatan lapisan lambung, dan mencegah keasaman serta gangguan pencernaan," kata Dr Prasad, seperti dilansir laman news18, Senin (18/3/2024).

Selain itu, kandungan air kurma yang tinggi membantu hidrasi, yang penting setelah seharian tubuh tidak mendapat asupan cairan. Apalagi kurma kaya akan nutrisi penting untuk kesehatan. 

Kurma juga adalah sumber protein, memberikan kekuatan dan energi instan bagi tubuh. Serat, zat besi, natrium dan kalium yang terkandung dalam kurma berkontribusi terhadap kesehatan secara keseluruhan. 

"Konsumsi kurma dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, melepaskan sekresi dan cairan pencernaan, serta memperlancar pencernaan makanan yang lebih kompleks yang dikonsumsi selama berbuka puasa," ujarnya.

Tradisi berbuka puasa dengan kurma selama Ramadhan berakar pada ajaran agama dan menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan. Dengan mengikuti kebiasaan ini, umat Islam menghormati sunah seraya meningkatkan kesejahteraan fisik mereka.  Dari meningkatkan kesehatan pencernaan hingga menyediakan nutrisi penting, kurma menjadi pilihan yang sehat dan bermanfaat untuk berbuka puasa di bulan suci ini.