Penelitian Modern Ungkap Manfaat Kurma Ajwa Bagi Kesehatan

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 20 Mar 2024 14:15 WIB

Pedagang melayani pembeli buah kurma di toko Elshanum, Tanah Abang, Jakata, Ahad (26/3/2023). Foto:

1

Kurma Ajwa mengandung potasium dalam jumlah tinggi dan berperan efektif dalam kontraksi otot. Bentuk buah Ajwa bulat telur memanjang dan berukuran sedang. Warnanya merah tua pada tahap rutab dan semakin lama berubah menjadi cokelat tua dengan kerutan.

Kurma Ajwa efektif untuk wanita menyusui karena membantu memperkaya ASI dengan banyak nutrisi efektif. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dari ibu yang mengkonsumsi kurma Ajwa secara teratur memiliki risiko lebih kecil terhadap penyakit dan infeksi.

Keuntungan besar lainnya dari mengonsumsi kurma Ajwa adalah kandungan zat besinya yang tinggi. Zat besi sangat penting dalam produksi sel darah merah dan juga dapat membantu mengobati dan mencegah anemia.

Kurma Ajwa karena kandungan nutrisi dan manfaat kesehatannya yang tinggi dapat dianggap sebagai bahan bioaktif potensial untuk mengembangkan produk makanan yang berorientasi kesehatan. Oleh karena itu, ulasan ini difokuskan untuk merangkum studi penelitian terkini mengenai pentingnya nutrisi, komposisi fitokimia, dan manfaat kesehatan dari kurma Ajwa.

Kesimpulannya, analisis data beberapa dekade terakhir menunjukkan kurma Ajwa berpotensi menjadi bahan pangan penting untuk pengembangan produk pangan fungsional bioaktif baru yang ditargetkan pada berbagai fungsi fisiologis tubuh manusia. Tinjauan ini telah memberikan pedoman untuk melangkah lebih jauh dalam menetapkan kemanjuran berbagai efek obat yang diamati termasuk aktivitas antikanker, pelindung gastro, pelindung hepato, dan pelindung nefro. Ini diamati secara farmakologis.

Sumber: Science Direct

Terpopuler