Kapan Malam Lailatul Qadar 2024? Ini Perkiraan Waktunya

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 27 Mar 2024 03:15 WIB

Lailatul qadar. Foto:

1

Dia juga merujuk pada pandangan Imam Al-Ghazali yang menyatakan bahwa Lailatul Qadar berpindah dari tahun ke tahun, sementara Jabir bin Abdullah bersumpah bahwa Lailatul Qadar jatuh pada malam ke-27 Ramadhan. Adapun Al-Nahas, menekankan bahwa kata "hiya" dalam Surah Al-Qadr merupakan kata ke-27.

Berdasarkan perhitungan Jabir bin Abdullah tersebut, malam ke-27 Ramadhan jatuh pada Sabtu malam, 6 April 2024. Untuk warga Muhammadiyah, malam ke-27 Ramadhan jatuh pada Jumat malam, 5 April 2024.

Kendati demikian, Syekh Jum'ah menekankan bahwa Lailatul Qadar tetap menjadi misteri dan setiap Muslim hanya bisa berusaha untuk mendapatkannya.

Lailatul Qadar memang merupakan malam yang sungguh istimewa. Disebutkan dalam hadits:

- مَن صامَ رَمَضانَ إيمانًا واحْتِسابًا غُفِرَ له ما تَقَدَّمَ مِن ذَنْبِهِ، ومَن قامَ لَيْلَةَ القَدْرِ إيمانًا واحْتِسابًا غُفِرَ له ما تَقَدَّمَ مِن ذَنْبِهِ.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, bahwa Nabi SAW bersabda, "Siapa yang melaksanakan puasa Ramadhan karena iman kepada Allah dan mengharapkan pahala (hanya dari-Nya) maka akan diampuni dosa-dosa yang lalu. Dan siapa yang menghidupkan lailatul qadar (mengisinya dengan ibadah) karena iman kepada Allah dan mengharapkan pahala (hanya dari-Nya) maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu." (HR. Bukhari)

Ciri-ciri malam lailatul qadar di halaman selanjutnya...

 

Sumber: Elbalad

Terpopuler