Kapan Malam Lailatul Qadar 2024? Ini Perkiraan Waktunya

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 27 Mar 2024 03:15 WIB

Lailatul qadar. Foto: Republika Lailatul qadar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lailatul Qadar merupakan malam yang sangat istimewa di bulan suci Ramadhan. Di malam itulah Alquran diturunkan dan malaikat turun ke langit dunia. Segala doa yang dipanjatkan pada malam itu akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Namun pertanyaannya kemudian, kapan sebenarnya Lailatul Qadar? Mantan Mufti Mesir, Syekh Dr Ali Jum'ah, menyatakan bahwa Lailatul Qadar tetap menjadi rahasia yang hanya diketahui oleh Allah SWT.

Baca Juga

Dia menjelaskan bahwa seorang Muslim bisa mendapatkan Lailatul Qadar tapi ini tergantung pada amal shaleh yang dikerjakan oleh seorang Muslim selama bulan suci Ramadhan. Karena tidak ada yang mengetahui kapan sebetulnya malam istimewa tersebut.

Kapan Malam Lailatul Qadar 2024?

Sebagian kalangan mencoba memperkirakan kapan Lailatul Qadar terjadi, tetapi menurut Syekh Jum'ah, hal ini didasarkan pada pengamatan. Namun, sejatinya tidak ada yang mengetahui kapan Lailatul Qadar.

"Beberapa orang mengamatinya, dan mengatakan bahwa Lailatul Qadar ada di malam ini dan itu, atau di malam lainnya, dan sebagainya," ujar Syekh Jum'ah.

Dia juga merujuk pada pandangan Imam Al-Ghazali...