4 Aktivitas Ini Ternyata Menuai Pahala Selama Ramadhan, Jangan Lewatkan

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 14 Mar 2024 04:07 WIB

Seorang jamaah membaca Alquran. Foto:

1

3. Mengkhatamkan Alquran

Ramadhan memberi kesempatan bagi setiap Muslim untuk mengkhatamkan Alquran. Meski sibuk dengan pekerjaan sehari-hari, menyempatkan waktu sejenak untuk membaca Alquran setelah shalat fardhu adalah langkah yang sangat dianjurkan.

Rasulullah SAW memberikan penjelasan yang menegaskan keutamaan membaca Alquran.

Dari Qatadah, dari Zurarah bin Aufa, bahwa Nabi Muhammad SAW ditanya, "Pekerjaan apakah yang paling utama?" Lalu beliau SAW bersabda, "Al-Hal Al Murtahil." Dikatakan, "Apa itu Al Hal Al Murtahil?" Kemudian beliau SAW bersabda, "Seseorang yang membaca Alquran dari awal hingga akhir, dan dari akhir hingga awal, setiap kali selesai dia mulai melanjutkan bacaannya."

Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang selesai melaksanakan shalat fardu maka baginya doa yang mustajab, dan barang siapa yang selesai membaca Alquran maka baginya juga doa yang mustajab." (HR. At-Thabrani, dalam al-Mu’jam al-Kabir)

4. Itikaf

Itikaf, yaitu berdiam diri di masjid pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan, adalah ibadah yang sangat dianjurkan. Selama berada di masjid, fokuslah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan melakukan berbagai amalan ibadah seperti tadarus Alquran dan berdzikir.

Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang ingin beri’tikaf denganku, maka lakukanlah pada sepuluh terakhir." (HR. Bukhari)

Terpopuler