Tiga Jenis Nafsu yang Patut Diketahui di Bulan Ramadhan

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 12 Mar 2024 17:05 WIB

Pengunjung melihat tanaman pada acara Floraction di Lapangan Banteng, Jakarta, Sabtu (18/2/2023). Foto:

1

3. Nafsu ammara bi su'

Nafsu ini, kata Prof Quraish, adalah jenis nafsu yang sering disebut-sebut banyak ulama atau orang-orang. Nafsu ini selalu mendorong kepada tindakan buruk. Karakter dari nafsu ini, yakni selalu tidak puas.

Maka dari itu, manusia harus terus dihalangi mengikuti nafsu jenis yang ketiga ini. Prof Quraish menegaskan nafsu tidak akan pernah ada ujungnya. Maka dari itu, jangan menyerah atas ajakan nafsu melakukan hal yang buruk atau dosa.

Alquran telah menerangkan tentang tiga jenis nafsu tersebut. Bahwa ada nafsu yang diridhai Allah SWT, seperti dalam Surah Al-Fajr ayat 27-30. Ayat ini menggambarkan tentang jenis nafsu Mutmainnah.

Namun, Prof Quraish menjelaskan nafsu tidak untuk dimatikan, melainkan dikendalikan. Sebab manusia juga membutuhkan nafsu, seperti saat ada penjajah maka seseorang harus memiliki nafsu untuk mengusirnya. Saat lapar maka dibutuhkan makan.

Oleh sebab itu, pada bulan puasa, menurutnya umat Islam diminta mengendalikan nafsu makan dari sejak masuk waktu imsak hingga berbuka puasa. Pun bagi pasangan suami istri, mereka membutuhkan nafsu untuk melakukan hubungan suami istri.

Terpopuler