Serba-Serbi Ramadhan Bagi Non-Muslim yang Bepergian ke Negara Mayoritas Muslim

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 13 Mar 2024 02:10 WIB

Lampu merayakan festival Ramadhan Muslim ditampilkan di West End London, Inggris (23/3/2023). Lampu Ramadan pertama di London telah dipasang di Piccadilly Circus yang menampilkan 30.000 lampu ramah lingkungan. Inisiatif ini dipimpin oleh organisasi nirlaba Ramadan Lights UK. Area West End akan menyala selama bulan Ramadan. Foto: EPA-EFE/NEIL HALL Lampu merayakan festival Ramadhan Muslim ditampilkan di West End London, Inggris (23/3/2023). Lampu Ramadan pertama di London telah dipasang di Piccadilly Circus yang menampilkan 30.000 lampu ramah lingkungan. Inisiatif ini dipimpin oleh organisasi nirlaba Ramadan Lights UK. Area West End akan menyala selama bulan Ramadan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan suci Ramadhan adalah momentum untuk melakukan muhasabah dan meningkatkan amal ibadah bagi jutaan umat Islam di seluruh dunia. Pada bulan suci itu, Nabi Muhammad SAW menerima ayat pertama Alquran, yang kini menjadi awal Surat Al Alaq.

Umat Muslim di masa awal memenangkan pertempuran pertama mereka untuk bertahan hidup melawan suku Quraisy di Makkah pada Pertempuran Badar. Dan ini terjadi pada bulan Ramadhan. Enam tahun kemudian, di bulan Ramadhan, Nabi Muhammad SAW memimpin umat Muslim untuk merebut kembali Makkah, dan membersihkan Ka'bah dari berhala-berhala.

Baca Juga

Awal Ramadhan bergantung pada penampakan bulan sabit baru, yang berarti hari raya dapat dimulai pada hari yang berbeda di masyarakat Muslim yang berbeda. Beberapa masyarakat mengikuti kemunculan hilal mereka sendiri. Sementara yang lain mengambil petunjuk dari negara tertentu.

Ketika bulan suci telah dimulai, umat Islam tidak makan, minum, dan tidak melakukan hubungan seksual di siang hari. Pantangan dari kesenangan materi dan duniawi ini dilakukan untuk memberikan nutrisi pada jiwa dibandingkan tubuh. Itulah sebabnya umat Islam umumnya meningkatkan amal ibadah selama Ramadhan.

Karena alasan inilah beberapa umat Islam akan menarik diri dari masyarakat selama bulan ini, mengasingkan diri untuk beribadah, merenung dan memusatkan perhatian pada diri mereka sendiri, seperti yang pernah dilakukan Nabi SAW.

Ramadhan adalah kesempatan tahunan...

Terpopuler