One Day One Juz Gelar Sejumlah Kegiatan Membumikan Alquran Selama Ramadhan

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 13 Mar 2024 05:05 WIB

Sejumlah pemudi mengaji bersama saat ngabuburit di Alun-alun Klaten, Jawa Tengah, Kamis (23/3/2023). Foto: ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho Sejumlah pemudi mengaji bersama saat ngabuburit di Alun-alun Klaten, Jawa Tengah, Kamis (23/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak komunitas pencinta Alquran yang terus bergerak membumikan Alquran. Berbagai kegiatan mereka lakukan guna bisa lebih dekat dengan Alquran.

One Day One Juz (ODOJ) adalah salah satu komunitas Alquran di Jakarta yang bergerak membumikan kitab suci ini. Sekretaris Jenderal DPP ODOJ Suhud Syahrani mengatakan ODOJ membumikan Alquran melalui tiga program yang telah dirancang.

Baca Juga

Pertama, menyebarkan 52 ribu Alquran fisik ke seluruh wilayah Indonesia yang membutuhkan. "Masyarakat senang mendapatkan itu," ujar Suhud kepada Republika.co.id, Jumat (9/3/2024).

Langkah kedua dalam membumikan Alquran adalah memberikan dukungan kepada para guru mengaji. Temuan ODOJ di lapangan, banyak guru mengaji beralih profesi karena kesejahteraannya tidak terjamin. Mereka tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Oleh karena itu, kata Suhud, ODOJ ingin para guru mengaji tidak meninggalkan tugasnya dengan memberikan santunan sehingga minimal bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ketiga, melakukan pembelajaran dengan membuka kelas tahsin. Masyarakat dapat ikut kelas tahsin online maupun offline secara gratis.

Selanjutnya...

Terpopuler