Tradisi Manjalang Mintuo Sambut Ramadhan Masih Bertahan di Dharmasraya

Red: Ani Nursalikah

Ahad 10 Mar 2024 20:44 WIB

Hidangan rendang khas Sumatra Barat. Foto: Republika/Kiki Sakinah Hidangan rendang khas Sumatra Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, DHARMASRAYA -- Tradisi manjalang mintuo atau mengunjungi mertua oleh menantu perempuan masih bertahan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Sikabau, Kecamatan Pulau Punjung, Jamhur Dt Jati menerangkan selain menyambut Bulan Suci Ramadhan, manjalang mintuo juga dilakukan saat Idul Fitri.

Baca Juga

Ia berharap tradisi manjalang mintuo bertahan di tengah kehidupan masyarakat khususnya Minangkabau. Karena mengunjungi dan bersilaturahim dengan orang tua yang masih hidup merupakan suatu keharusan yang tidak boleh ditinggalkan.

"Kunjungilah kedua orang tua selagi mereka masih hidup. Tanpa membawa makanan, tetaplah datang dan bersilaturahim dengan orang tua," katanya, Ahad (10/3/2024).

Ia mengatakan dalam tradisi manjalang minantu perempuan biasanya membawa rantang berisi masakan berupa rendang, kalio ayam, ikan goreng, sambal, kue, dan berbagai macam kuliner tradisional lainnya. "Saat ini masih banyak masyarakat yang melaksanakan tradisi manjalang mintuo sebagai bentuk penghormatan antara menantu dengan mertua," katanya.

Meski tradisi tersebut sudah turun-temurun...