Boyolali Gelar Gebyar Padusan Sambut Ramadhan

Red: Ani Nursalikah

Ahad 10 Mar 2024 01:29 WIB

Seorang pengunjung melompat ke dalam air saat tradisi padusan di Umbul Ngabean, Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (1/4/2022). Tradisi padusan dilakukan masyarakat setempat guna menyambut bulan ramadhan. Foto:

1

Kepala Disporapar Kabupaten Boyolali Budi Prasetyaningsih mengatakan Gebyar Padusan digelar secara meriah di dua lokasi di daerah itu, yakni Pemandian Tirtomarto Pengging Banyudono dan objek wisata Tlatar.

Dia mengatakan padusan di Pemandian Tirtomarto Pengging diawali dengan ritual,. Sedangkan kirab mulai dari kantor Kecamatan Banyudono menuju objek wisata Pemandian Tirtomarto Pengging.

Selain itu, Gebyar Padusan meningkatkan kunjungan wisata di tempat itu. Jumlah pengunjung Pemandian Tirtomarto Pengging pada hari biasa sekitar 2.000 orang, sedangkan saat padusan diperkirakan 5.000-6.000 orang.

Ia mengimbau masyarakat yang mengikuti acara padusan di tempat itu tetap menjaga keselamatan karena berada di tempat wisata air. Meskipun demikian, ia sudah menyiapkan beberapa tim penjaga keselamatan para pengunjung.

"Kegiatan itu perlu dilestarikan karena budaya, selain ada hubungannya dengan keagamaan pada bulan Ramadhan," katanya.

Terpopuler